BERITABETA.COM, Ambon – Badan Nasional Pencarian dan Pertolonga (Basarnas) Ambon menggelar apel kesiapsiagaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Apel siaga ini digelar di lapangan serbaguna Kantor SAR Ambon, diikuti seluruh pejabat utama dan juga personel Kantor SAR Ambon, Senin (18/12/2024).

Kepala Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwar  mengatakan, kegiatan apel siaga ini digelar untuk mendukung Pengendalian dan Pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Kantor SAR Ambon bersama Potensi SAR bersama-sama melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru,” katanya dalam keterangan pers yang diterima media ini.

Kantor SAR Ambon juga menyiagakan sejumlah alat utama berupa KN SAR ABIMANYU, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), Rescue Car, Rescue Truck, Peralatan Emergency Kit (Medis), Peralatan Aqua Eye, Alat Selam, dan Drone Thermal.

Sebanyak 108 Personil baik dari Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Unit Siaga SAR Seram Bagian Timur, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah seperti tempat-tempat Wisata, Pelabuhan, dan juga Bandara.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru 23/24 akan dilaksanakan selama 21 hari terhitung dari tanggal 18 Desember s/d 07 Januari.

Arif menambahkan, Basarnas akan melaksanakan siaga SAR Khusus dengan tujuan terwujudnya Pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal. Tepat seusai Apel Gelar Pasukan, Kepala Basarnas Ambon melepas Defile Kendaraan dan Personil yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (*)

Editor : Redaksi