BERITABETA.COM, Bula — Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sangat siap dan tegak lurus untuk memenangkan pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas serta Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian di SBT.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI Perjuangan Maluku, Javet Djemy Pattiselano kepada wartawan usai menjemput Balon Wakil Gubernur Maluku, Abdul Mukti Keliobas di Kota Bula, Senin (9/9/2024).

Pattiselano mengungkapkan, sesuai dengan arah rekomendasi partai, selain merekomendasikan pasangan Malik-Arobi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) SBT, PDI Perjuangan juga merekomendasikan pasangan Jeffry-Mukti di Pilkada Maluku.

"Sesuai dengan rekomendasi partai dan kami tegak lurus, yaitu partai kami (PDI Perjuangan). Yang mana, pak JAR dan pak Mukti Keliobas juga mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan, sehingga kami sebagai kader siap dan tegak lurus untuk memenangkan pasangan tersebut," ungkap Javet Djemy Pattiselano.

Ketua Tim Pemenang pasangan Malik-Arobi ini menguraikan, selain PDI Perjuangan, pasangan dengan jargon AMAN itu juga direkomendasi Hanura dan PPP di Pilkada SBT.

Sementara untuk Pilkada Maluku kata dia, PPP bersebrangan dengan dua partai ini, hanya saja NasDem bergabung dengan mereka untuk mengusung Jeffry-Mukti.

Kendati demikian, khusus untuk PDI Perjuangan dan Hanura mereka akan bekerja paket di Pilkada Maluku untuk pasangan Jeffry-Mukti dan di Pilkada SBT untuk pasangan Malik-Arobi.

"Kalau di kabupaten ada tiga partai, termasuk PPP. Hanya saja, untuk mendukung provinsi, PPP itu tidak bersama-sama. Jadi kami kalau soal paket, ya kami tadi sudah bilang di depan bahwa kami ini kerjanya tegak lurus. Itu berarti secara otomatis dan terkait dengan paket itu sudah pasti kami akan kerja untuk pasangan kami AMAN, otomatis juga dengan pak JAR dan MK," ucapnya.

Anggota DPRD Maluku ini mengaku, dalam penjemputan Balon Gubernur Maluku, Abdul Mukti Keliobas siang tadi itu ikut didampingi oleh Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT, Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian.

Menurutnya, ini bagian dari bentuk kerja politik yang seirama dari tingkat provinsi dan tingkat kabupaten, sehingga kehadiran keduanya menjemput dan mendampingi Mukti Keliobas adalah hal yang wajar.

"Soal tadi ada pasangan kabupaten, yaitu pak Abdul Malik Kastella dan pak Arobi Kelian di dalam penjemputan, itu adalah bagian dari partai pendukung, yang mana kami sebagai partai pendukung tegak lurus. Artinya kebetulan untuk pasangan kabupaten ada PDIP dan Hanura yang mana di calon gubernur itu juga ada pada JAR dan MK," akuinya.

Dia menegaskan, sebagai komitmen mereka dalam memenangkan pasangan Jeffry-Mukti dan Malik-Arobi, tim pemenangan di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu telah menyiapkan strategi-strategi yang dianggap mumpuni untuk bisa memenangkan pertarungan.

"Semua pasti ingin menang dan kami punya strategi-strategi sendiri. Saya kira kami yakin, kami bisa memenangkan pertarungan ini dari Pilkada Maluku hingga Pilkada SBT," tegasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi