Mayor Jenderal (Mayjen TNI) Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVI/Pattimura. (Foto Istimewa)
Mayor Jenderal (Mayjen TNI) Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVI/Pattimura. (Foto Istimewa)

BERITABETA.COM – Mayor Jenderal (Mayjen TNI) Jeffry Apoly Rahawarin lahir pada 21 Januari 1964 (57) di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Ayahnya berasal dari Kei Maluku Tenggara, Ibunya dari Kabupaten Maluku Tengah. Istrinya adalah Arny Sukarni. Ia memiliki tiga orang anak, dua laki-laki dan satu perempuan.

Putra daerah Maluku berdarah Kei Kabupaten Maluku Tenggara ini semasa kecilnya sudah terkenal hidup dengan kedisiplinan serta memiliki tekad tinggi untuk menjadi orang yang berguna bagi kedua orang tuanya, serta bangsa dan negara.

Fakta itu bisa dilihat dari masa kecil hingga beranjak remaja. Sebelum terjun menjadi prajurit militer, Jenderal TNI dua bintang ini awalnya berlatih tinju di Sasana Mercury Batu Gajah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Olahraga (tinju) adalah hobinya sekaligus membentuk karakternya menjadi pemuda yang tangguh serta tak mudah menyerah, karena ingin menjadi petinju professional.

Jeffry dikenal sebagai sosok sederhana. Cinta kasih dari kedua orang tuanya menjadikan Jeffry muda memiliki sifat setia kawan dan semangat juang yang tinggi dalam meraih cita-citanya.

Ketika masih duduk di bangku SMP, Jeffry sudah berlatih tinju di Sasana Mercury Batugajah. Keinginan menjadi petinju professional, di masa muda itu dia sudah mengikuti kejuaraan tinju Teddy van Room Cup yang pertama. Jeffry pun acapkali bertanding di kelas layang ringan.

Mayjen Jeffry menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar yaitu di SD 8 Kudamati Ambon. Pendidikan Sekolah Menengah Pertama atau SMP ditempuhnya di SMP 4 Ambon. Seterusnya dia selesaikan studi sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Ambon pada 1984.