BERITABETA.COM, Ambon – Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVI Pattimura dan istri disambut Kasdam dengan pengalungan kain khas Maluku dan pemberian bunga ketika tiba di Makodam XVI Pattimura Ambon, Senin (08/03/2021).

Usai serah terima jabatan di Markas Besar TNI, Jakarta Pusat Jumat lalu, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, mantan Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi Kemenkopolhukam kini menjadi Pangdam XVI/Pattimura, menggantikan Mayjen TNI Agus Rohman yang saat ini menjabat Pangkogabwilhan III.

Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin merupakan Putra Maluku kedua yang menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura ke 19, yang mana Putra Maluku pertama menjabat Pangdam XVI/Pattimura adalah Brigjen TNI Max. M. Tamaela sebagai Pangdam Pertama (15 Mei 1999-26 Juni 2000) dari beralih status Korem 174 PTM menjadi Kodam XVI Pattimura tanggal 15 Mei 1999 di Ambon.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan Istri yakni Arni Sukarni tiba di Bandara Internasional Pattimura Laha Ambon dengan menggunakan pesawat komersil.

Kedatangan Jenderal Jeffry dan istri disambut dengan tarian lenso kemudian bertolak menuju Makodam XVI/Pattimura untuk mengikuti tradisi penyambutan.

Diawali dari pengalungan kain adat khas Maluku dan pemberian bucket bunga cengkeh oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema dan istri, Pangdam beserta istrinya lalu berjalan menuju Makodam diriingi Drumband Pela Gandong Kodam XVI/Pattimura.

Usai menerima hormat jajar dari regu Jaga Kesatrian, Pangdam XVI/Pattimura beserta istri menuju Lobby Makodam, yang sebelumnya dipandu dengan Tarian Adat Cakalele.

Selanjutnya penyerahan Risalah Sertijab dari Mayjen TNI Agus Rohman kepada Pangdam XVI/Pattimura serta Pengukuhan Ibu Raksakarini Sri Sena Kodam XVI/Pattimura.

Acara pisah sambut diakhiri dengan apel bersama diikuti perwakilan para Prajurit baik Satpur dan Banpur serta PNS TNI Kodam XVI/Pattimura. Rangkaian kegiatan tradisi penyambutan Pangdam Baru ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (BB-YP)