BERITABETA.COM, Ambon – Apel Komandan Satuan atau Dansat TNI AD Tersebar Tahun Anggaran 2021 digelar Kodam XVI/Pattimura selama dua hari, pada 30 - 31 Maret 2021.

Apel Dansat TNI AD Tersebar Tahun Anggaran 2021 ini dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, secara virtual Selasa (30/03/2021), di Lapangan Tenis Indoor, Tapal Kuda, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Selasa (30/03/2021).

Forum ini bertujuan untuk membangun komunikasi antara pimpinan dengan para Dansat, serta meningkatkan soliditas, solidaritas, koordinasi dan kolaborasi yang harmonis diantara sesama Dansat.

Tema yang disung adalah “Reaktualisasi Peran Komandan Satuan Dalam Membangun Satuan Yang Profesional, Adaptif dan Dicintai Rakyat”.

Pangdam menyatakan, apel Komandan Satuan Tersebar Kodam XVI/Pattimura merupakan forum komunikasi bagi Pimpinan Kodam XVI/Pattimura dengan segenap unsur Komandan Satuan, untuk mengevaluasi berbagai program.

Pula, menyamakan pola pikir dan pola tindak guna meningkatkan efektifitas, produktifitas kinerja satuan, serta peningkatan profesionalisme dan militansi prajurit yang tangguh dan handal, dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.

Dalilnya, Kodam XVI/Pattimura memiliki tugas pokok yaitu menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan serta pembinaan teritorial untuk menyiapkan pertahanan di darat, serta menjaga keamanan di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

“Peran Dansat sangat penting dan strategis untuk membina satuan dalam upaya membangun kualitas anggota, dan meningkatkan kinerja satuannya,”ujarnya.

Dansat harus mampu memerankan diri sebagai insan territorial, yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

Pangdam mengingatkan para Dansat dan prajurit TN ADI jajaran Kodam Pattimura umumnya, untuk melakukan langkah-langkah konkret dan terus mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19, secara cepat dan tepat.

“Meskipun kita sudah melaksanakan vaksinasi, namun kita harus terus aktif meningkatkan pendisiplinan protokol Kesehatan, dan aktif mendukung pelaksanaan testing, tracing dan treatment serta mendukung pemulihan ekonomi nasional,” anjurnya.

Pangdam juga meminta para Dansat untuk terus meningkatkan kesiap-siagaan satuan beserta personel dan alat perlengkapan yang dimiliki melalui latihan yang terukur pada satuan.

“Selalu siap, apabila sewaktu-waktu dikerahkan untuk mem-back up Polri dalam Kamtibmas, dan membantu pemerintah daerah dalam penangulangan bencana di wilayah ini,” tandas Pangdam.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasdam XVI/Ptm, Brigjen TNI Gabriel Lema, Kapoksahli Pangdam XVI/Ptm, Brigjen TNI Heri Sapari, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura dan diikuti oleh seluruh Para Dansat dan Kabalakdam serta Perwira Operasi masing-masing Satuan Jajaran Kodam XVI/Ptm. (BB-YP)