BERITABETA.COM, Bula — Pesawat dengan rute penerbangan Bandar Udara (Bandara) Pattimura Ambon tujuan Bandara Kufar Kecamatan Tutuk Tolu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan sebaliknya akan dibuka kembali dalam pekan ini.

Kepastian ini disampaikan Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) Bandara Kufar Januar Yahya Ramme saat dikonfirmasi beritabeta.com di Kota Bula, Selasa (26/10/2021).

Yahya menegaskan, selama ini penerbangan Ambon - Kufar dengan pesawat Trigana Air tidak pernah ditutup. Namun faktor tidak ada penumpang selama dua bulan terakhir, sehingga Trigana sering cencel penerbangan.

"Jadi ada konfirmasi dari pihak Trigana kemarin, mereka rencana mau terbang lagi tanggal 28 Oktober 2021," ungkap Januar Yahya Ramme.

Dia menandaskan, untuk jadwal penerbangan masih sama seperti sebelumnya yakni dua kali dalam satu minggu. Hanya saja tambah dia, terjadi perubahan dari hari Kamis dan Minggu menjadi Kamis dan Sabtu.

Kendati demikian, dalam sepekan itu akan dilihat dari frekuensi penumpang. Kalau hanya ada sedikit penumpang, jadwal penerbangan hanya pada hari Kamis.

"Kalau penumpangnya sedikit mungkin dia terbangnya hanya pada hari kamis, dan sabtu cancel. Tapi kalau penumpangnya ada di hari sabtu, pasti terbang," tandas suami dari Ira Ramme itu.

Ditanya soal persyaratan penerapan bagi penumpang, pria asal Kota Tual itu membeberkan, penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dijalankan sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) nomor 88 tahun 2021.

Ia juga menjelaskan, saat ini di Bandara Kufar sudah ada penambahan pemeriksaan memakai perangkat scaner untuk aplikasi peduli lindungi diri. Namun saja terkendala pada jaringan internet sehingga tidak dipasang scaner tersebut.

"Kita jalankan sesuai surat edaran yang sudah diberlakukan mulai 24 oktober 2021 sambil menunggu surat edaran selanjutnya. Jadi untuk Kufar ke Ambon cukup antigen 1x24 jam dan mematuhi prokes saja, misalnya tetap pakai masker dan jaga jarak," tutupnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi