BERITABETA.COM, Masohi – SMP Negeri 2 Masohi, kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI secara sederhana.

Pelaksanaa upacara ini berlangsung di halaman sekolah SMPN2 Masohi,  Senin  (17/08/2020).

Pantauan beritabeta.com, upacara peringatan HUT RI ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat  dengan tujuan mencegah penuIaran virus corona dimulai pukul 10.00 WIT.

Peserta upacara pun hanya melibatkan para dewan guru dan juga beberapa siswa yang sudah dipersiapkan.

Kepala Sekolah SMPN2 Masohi,  Saparun Sitania dalam pidatonya mengatakan,  meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, peringatan HUT RI ke-75 masih bisa dilaksanakan dalam kesederhanaan.

Upacara ini, kata dia, sebagai bentuk rasa kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga untuk memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa Negara Republik Indonesia kepada keadaan sekarang.

“75 tahun lalu Ia Soekarno dan Drs. Muhammad Harta,  memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yang kita cintai ini.  Bukan tanpa keringat saja,  tetapi juga cucuran darah dari para pahlawan dan pejuang Indonesia untuk meraih kemerdekaan sebagai negara yang berdaulat,  seperti tertuang dalam pembukaan UUD 1945,” jelasnya.

Sitania berharap,  kepada para peserta upacara untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta lebih khusus kepada daerah para raja-raja di Kabupaten yang bertajuk Pamahanunusa ini. Sehingga dapat meningkatkan semangat untuk belajar dan mengajar.

“Sekali saya tekankan bahwa semangat nasionalisme itu sangat penting, apalagi dikalangan para pendidik seperti kita ini, karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara inibdapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan bersama,” harapnya.

Upacara ini berlangsung dengan hikmat, dipimpin oleh Radi Jumair,  SPd. Sedangkan pembacaan Teks Proklamasi dilakukan oleh Masrudin, S.Pd,  dan pembacaan UUD 1945 oleh Uda Tuasikal dan ditutup dengan doa oleh Supardi T, S.Pd.

Sementara pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh Eka. SPd,  Nn. Ria Latarisa,  S.Pd, dan pembawa bake/bendera Nn. Ria Kaimudin,  SPd (BB-FA)