BERITABETA.COM, Ambon - Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 733 Masariku Kodam XV Pattimura, Letkol Infanteri Julius Jongen Matakena,SH sukses menjalankan tugas sebagai komandan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Provinsi Maluku.

Lulusan Akmil tahun 2004 ini yang memegang kendali jalannya upacara memperingati detik-detik Proklamasi RI ke-79 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (17/8/2024).

Upacara  berlangsung dengan hikmat dengan inspektur Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dan Ketua DPRD Maluku Benhur G Watubun yang dipercayakan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Kendati Kota Ambon sementara berada di musim penghujan, namun kondisi alam berangsur membaik membuat perayaan HUT RI ke-79 ini berlangsung sukses dan dihadiri tamu undangan serta warga Kota Ambon.

Sementara Komandan Paskibraka Lettu Inf Agung Dwi Prabowo juga sukses bersama Tim Paskibraka dalam mengibarkan Bendera Merah Putih.

Letkol Infanteri Julius Jongen Matakena,SH kepada media ini usai menjalankan tugas sebagai komandan upacara mengaku merasa bangga ketika diberikan kesempatan menjadi komandan upacara pada peringatan hari yang bersejarah di Indonesia ini, apalagi pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

“Ada rasa kebanggaan ketika diamanatkan sebagai komandan upacara pada tahun ini. Puji Tuhan semua berjalan dengan lancar,”ungkap lelaki kelahiran Ambon 13 Juni 1983 ini.

Penampilan alumni SMA Negeri 2 Ambon ini membuat tamu undangan dan masyarakat berdecak kagum karena kedisiplinannya dalam memimpin jalannya upacara HUT RI ke-79.