BERITABETA.COM, Ambon – Pengibaran bendera pusaka pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-75 yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Ambon  berjalan lancar dan sukses dengan menggunakan protap Covid-19, Senin (17/8/20).

Upacara dipimpin oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan diikuti para peserta yang terdiri dari unsur TNI/Polri dan para pejabat di lingkup Pemprov Maluku. Upacara kali ini tampak berbeda karena seluruh peserta mematuhi protokoler kesehatan dengan menggunakan masker.

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury tampil membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI.  Tiga orang Paskibraka pertama yang bertugas dalam mengibarkan bendera merah putih juga tampil menggunakan masker.

Anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara kali ini, juga merupakan petugas upacara yang bertugas pada tahun 2019.

Paskibraka pada tahun 2019 yakni Petrus A de Kock (ex -SMA n 4 ambon), Siti N B Marasabessy (ex- MAN Ambon), Evangelio Siahaya (SMK N 6 Ambon) dan Komandan Upacara, Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait.

Pembacaan doa dalam upacara HUT RI ke 75 ini dipimpin oleh Kepala Kementrian Agama Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Maluku, Djamaluddin Bugis.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan juga berlangsung dengan pemberian remisi yang dilakukan Kementerian Hak Asasi Manusia.  Pemberian remisi khusus kepada narapidana dan anak yang dipidana terkait dengan pasal 34 Peraturan Pemerintah RI No 99 Tahun 2012.

Jumlah para Narapida yang menerima remisi umum pada tahun 2020 sebanyak 774 narapidana. Upacara kemerdekaan ini diakhiri dengan pemutaran dua lagu dari Forkompinda Maluku (BB-YP)