BERITABETA.COM, Namlea – Komando Distrik Militer (Kodim) 1506 Namlea Kabupaten Buru menggelar upacara kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020.

Upacara kehormatan dan renungan suci itu dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Ubung Kecamatan Lilialiy Kabupaten Buru Upacara yang dilaksanakan pada 16 Agustus pukul 00.00 itu berlangsung khidmat.

Bertindak selaku inspektur dalam upacara tersebut yakni Dandim 1506 Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi,. S.A.P,. M,.Tr. (Han). Sementara Pasiter Kodim 1506 Namlea Kapten Inf A.Haris Tumenggung bertindak selaku komandan upacara. Sedangkan Pasi Pers Kodim 1506 Namlea Kapten Inf Idris Leurima selaku Perwira Upacara.

Pantauan beritabeta.com, hadir dalam upacara tersebut, yakni Bupati Buru, Ramly I. Umasugi, Kejari Namlea Adhitya Triwanto, Setda Kabupaten Buru M. Ilyas Hamid, Kabag OPS Polres. P. Buru AKP Ruben Sihombing S.ik, Dansubden POM Namlea Kapten CPM Kurniawan, Para PJU Kodim 1506 Namlea, para asisten lingkup Kabupaten Buru serta sejumlah SKPD kabupaten Buru.

Upacara tersebut juga diikuti oleh satu regu Kodim 1506/Namlea, satu regu Polres Buru dan satu regu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol.PP Namlea) Kabupaten setempat.

Dandim 1506 Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi mengatakan, renungan suci untuk itu dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan baik yang berasal dari unsur TNI, Polri, pejuang rakyat, maupun pahlawan lainnya yang tidak dikenal.

“Apel kehormatan dan renungan suci kami untuk mengenang akan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan bangsa,” kata Letkol Arh Agus.

Dalam kesempatan tersebut, iya juga memberikan penghormatan sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kamu juga. Semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ungkapnya (BB-DUL)