BERITABETA.COM, Ambon — Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mendapat bantuan satu unit mobil ambulance dan uang senilai Rp 250 juta dari Pemerintah Pusat (Pempus).

Bantuan yang bersumber dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini diserahkan langsung oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy kepada Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Diminggus N. Kaya di pelataran Balai Kota, Sabtu (17/8/2024).

Pj Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya menyambut baik kedatangan Menko PMK, Muhadjir Effendy dan rombongan, kedatangan ini kata dia mempertanda baik sebagai bentuk perhatian dan komitmen Pempus kepada Kota Ambon.

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Ambon, kami mengucapkan selamat datang. Kedatangan bapak-bapak pertanda baik, bahwa perhatian dan komitmen Pemerintah Pusat (Pempus) kepada kami," ucap Diminggus N. Kaya.

Dominggus menyampaikan terimakasih atas perhatian besar kepada kota ini, sehingga diharapkan melalui perhatian tersebut, masyarakat bisa terbantu.

Sementara itu, Kepala BNPB, Suharyanto mengungkapkan, bantuan ini menjawab tujuan pelaksanaan penanganan bencana dengan melibatkan unsur terkait guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Penangnan bencana tidak bisa ditangani oleh BNPB, kita mempunyai pola namanya pentahelix, sehingga seluruh komponen bangsa diharapkan di dalam langkah dimaksud," ungkap Suharyanto.

Ditempat yang sama, Menko PMK, Muhadjir Effendy, meminta kepada Pemkot Ambon agar siaga dalam menyiapkan bantuan dan semua hal yang diperlukan agar mempercepat penanganan bencana di kota ini.

"Siapkan semua yang diperlukan, jangan pernah berhenti untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Maluku khususnya Kota Ambon, sebab tidak hanya antisipatif namun proaktif juga diperlukan guna menjaga kemanan warga," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi