BERITABETA.COM, Ambon – Satu lagi fasilitas kesehatan berupa Laboratorium Medis Kimia milik PT Kimia Farma Cabang Ambon diresmikan Gubernur Maluku, Murad Ismail pada, Selasa (4/10/2022). 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Maluku Murad Ismail disaksikan Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika drg. Ardhy Nugrahanto Wokas dan anggota DPR RI Hendrik Lewerissa.

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, pembangunan bidang kesehatan, tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah, tapi juga kewajiban seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat di daerah ini.

Dikatakan, sesuai tipologi wilayah kepulauan Maluku, permasalahan pembangunan bidang kesehatan sangatlah kompleks, dimana akses transportasi, komunikasi dan informasi yang sangat terbatas.

“Keterbatasan inilah yang menyebabkan pelayanan kesehatan belum sepenuhnya menjangkau seluruh masyarakat. Ini merupakan tantangan bagi pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, untuk terus memperjuangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Maluku,” ungkap Murad Ismail.

 

 

Ia menegaskan, kontribusi PT. Kimia Farma ini sejalan dengan komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan yang memadai bagi masyarakat Maluku.

“Keberadaan laboratorium dapat menjadi mitra kerja strategis pemerintah daerah dan kabupaten kota se-Maluku, dalam menyediakan pelayanan kesehatan dengan rasio biaya yang dapat dijangkau kemampuan masyarakat,” harap Gubernur.