Oleh : Dr. Sufyanto (Peneliti Utama The Republic Institute)

Pada  tahun  2024  gegap  gempita pesta  demokrasi  di  Indonesia  akan  berlangsung riuh, baik ditingkat nasional maupun ditingkat lokal yaitu daerah provinsi, kabupaten dan kota. Fenomena Pemilu serentak segera dimulai, yakni Pemilu nasional dan Pemilu lokal diselenggarakan di tahun yang sama yaitu tahun 2024.

Bila dihitung secara kalender tentu waktu yang tersisa secara penuh tinggal 497 hari atau 1,5 tahunan, bagi partai politik dan para kandidat peserta pemilu baik calon Presiden, calon anggota DPR RI, calon Gubernur, DPRD Provinsi, Bupati, Walikota dan DPRD Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, kami dari The Republic Institute ingin menjadi bagian proses demokrasi ditingkat nasional maupun ditingkat lokal ini.

Kehadiran kami bertujuan  untuk partisipasi publik sekaligus memberikan pendidikan politik kebangsaan,   dengan   cara   kerja-kerja   ilmiah   dan   akademik,   yakni dengan melakukan   penelitian   perilaku   memilih   (voting   behaviour),   riset   ini  bersifat independen dan transparan guna mengukur seberapa besar tingkat popularitas dan elektabilitas dari masing-masing calon kandidat partai politik peserta pemilu dan aktor-aktor politik calon pemimpin menjelang dihelatnya penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei, teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 1200 responden tersebar di 6 Provinsi di Pulau Jawa, kemudian sampel diturunkan dari Provinsi ke tingkat Kabupaten/Kota, lalu ke tingkat Kecamatan, dilanjutkan ke tingkat Desa lalu diturunkan ke tingkat  RT, Rumah dan menentukan subjek penelitiannya. Proses pengambilan sampel (wawancara) dilakukan pada tanggal 28 Agustus-12 September 2022, margin of error sebesar 2,8 %.