BERITABETA.COM, Bacan — PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Misbahul Aulad Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) pada 6 Mei 2024.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com di Ambon, Rabu (8/5/2024) menjelaskan, program ini sudah digelar dan digencarkan secara masif sejak 2023 lalu.

Awat menandaskan, program PLN Baronda Sekolah ini menyasar pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah kerjanya, dengan tujuan meningkatkan edukasi dan memperkuat pengetahuan dasar terhadap siswa-siswi terkait ketenagalistrikan.

"Wawasan akan kelistrikan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk meminimalisir adanya gangguan arus pendek, juga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan emergency. Nah, edukasi ini kami rasa efektif jika langsung menyasar pelajar di masing-masing daerah. Mereka sebagai agent of change diyakini dapat turut berkontribusi di lingkungan masing-masing. Terlebih pada sekolah-sekolah kejuruan yang memiliki jurusan terkait kelistrikan misalnya," jelas Awat Tuhuloula.

Dia mengatakan, hal ini merupakan salah satu alasan PLN UIW MMU menggencarkan PLN Baronda Sekolah, baik di Maluku maupun di Maluku Utara.

Selain itu, semangat Raden Adjeng Kartini dalam memberdayakan potensi perempuan masih terus membara dalam diri Srikandi PLN UIW MMU, sehingga kegiatan ini turut diprakarsai oleh mereka.

Terlihat juga, sekolah-sekolah yang dituju menyambut kedatangan tim PLN dan memberikan kesempatan bagi para siswanya mengikuti kelas tambahan itu. Seperti PLN Baronda Sekolah yang digelar di SMK Misbahul Aulad Labuha pada beberapa hari lalu.

Ia mengungkapkan, dalam kesempatan itu, PLN menyajikan materi, mulai dari Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN Mobile hingga informasi kesempatan studi di Institut Teknologi PLN (ITPLN). 

"Materi ini disampaikan oleh para pemateri yang mumpuni di bidangnya, seperti senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Maman Sulaeman, Manager UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto dan Team Leader Niaga dan Pelayanan Pelanggan Sitra Dewi Latukau," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Misbahul Aulad Labuha, Nasir Hi Abdullah S.Pd menyampaikan apresiasinya atas PLN yang telah menyasar sekolah dengan latar belakang siswa yang kebanyakan berasal dari Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) itu.

Menurutnya, ini merupakan kesempatan bagi para siswa untuk belajar lebih dalam tentang kelistrikan dan memunculkan minat mereka ketika ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

"Karena kebanyakan siswa kita berada di daerah 3T, jadi mungkin bisa memundahkan mereka ketika nanti melanjutkan sekolah ataupun pendidikannya di jenjang selanjutnya. Terutama melalui ITPLN, siswa kita juga bisa berkesempatan untuk bersekolah di sana," ucap Nasir Hi Abdullah.

Harapan ini disambut Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Maman Sulaeman.

Maman membeberkan, setiap tahunnya ITPLN membuka pendaftaran bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat untuk melanjutkan studi di bidang kelistrikan. 

Dia berujar, putra-putri di Maluku dan Maluku Utara mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa bersekolah di perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan dan penelitian di bidang ketenagalistrikan itu.

"Saya harap lebih banyak lagi yang mendaftar ketika dibuka kesempatan rekrutan ya. Karena, ada perjanjian kerja bagi mereka yang berprestasi nantinya," ujarnya. (*)

Editor : Redaksi