BERITABETA.COM, Ambon - PT PLN  (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) turut memberikan sumbangsih dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Sumbangsi ini dilakukan melalui program PLN Goes to School dalam tajuk “PLN Baronda Sekolah,” yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Ambon, Kamis, (29/2/2024).

Kegiatan ini menunjukan PLN tidak hanya berupaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dalam menerangi Negeri hingga pelosok tanah air, tapi juga ikut membangun generasi cerdas.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam kesempatan itu menyampaikan, program PLN Baronda Sekolah merupakan salah satu program prioritas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ketenagalistrikan dan mengedukasi para guru maupun siswa/siswi dalam hal melakukan pemanfaatan tenaga listrik yang berproses dari hulu ke hilir.

“Kami ingin memperkenalkan alur atau proses bagaimana listrik bisa sampai di rumah atau pun di sekolah yang harus diketahui oleh pelanggan,” ungkap Awat.

Proses ini, kata Awat  perlu dipahai sehingga para siswa dan guru dapat mengetahui secara jelas bagaimana listrik bisa digunakan dari pagi hingga malam.

Selain itu, ada juga materi mengenai kenapa listrik itu bisa mengalami gangguan sampai dengan bahaya listrik atau korsleting bisa terjadi.

“Semua ini tentunya perlu diedukasi ke mereka, sehingga proses bisnis PLN menjadi familiar dan tidak disalahartikan karena pemahaman yang minim dari pelanggan,” tutur Awar.

Sementara itu, Kepala SMAN 13 Ambon, Ahmad Soleman, S.Pd, M.Pd menyambut baik adanya kegiatan edukasi ini dengan penuh antusias.

Ahmad mengaku, kegiatan ini memberikan manfaat dan berdampak baik bagi para guru maupun siswa/siswi dalam memahami proses bisnis PLN.