BERITABETA.COM, Ambon – Niksuri, anak berumur 3 tahun (balita) yang jatuh dari kapal KM. Sabuk Nusantara 106 pada pukul 24.00 WIT, Minggu  24 Februari 2024 akhirnya berhasil ditemukan warga.

Niksuri ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.  Balita ini jatuh dari atas kapal perintis itu, saat kapal berada di sekitar perairan Pulau Tayandu dan Pulau Kur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Operasi SAR pun telah dilakukan selama tiga hari. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Pos SAR Tual, Bakamla, Polairud Polda Maluku, dan unsur masyarakat, sekitar pukul 7 pagi kembali melakukan Ops Pencarian korban.

Menggunakan RIB 04, Tim SAR Gabungan bergerak menuju sejumlah titik koordinat sesuai SAR Maps guna melakukan pencarian.

Setelah tiga jam dilakukan pencarian, sejauh 25 NM, pada pukul 10.20 WIT, Tim SAR Gabungan menerima informasi dari masyarakat bahwa, korban berhasil ditemukan di sekitar Pantai Desa Ad, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara.

Korban kemudian dievakuasi setelah Tim SAR Gabungan tiba di lokasi penemuan sekitar pukul 11.00 WIT, Rabu (28/2/2024).

Kepala Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar menjelaskan, dari laporan awal keluarga  yang diterima menyebutkan insiden pilu itu terjadi korban bersama ayahnya berangkat dari Kota Tual menuju Pulau Teor Kabupaten, Seram Bagian Timur.

“Kejadian ini adalah murni kelalaian orang tua. Orang tua korban tertidur di relling lambung kanan kapal sehingga menyebabkan korban terjatuh,” ungkap Arif Anwar.

Pada Operasi  SAR hari pertama dan kedua dilakukan, korban tidak berhasil ditemukan.

“Hari ketiga barulah korban ditemukan Tim SAR Gabungan dalam kondisi sudah  meninggal dunia,” ujarnya.

Editor : Dhino.P