BERITABETA.COM, Ambon – Tercatat sebanyak 900 orang pemudik dari Kota Ambon dan sekitarnya, Sabtu (25/5/2019) telah menggunakan sarana transportasi berupa kapal laut yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam program mudik gratis jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Pemprov Maluku dalam program mudik gratis ini telah memfasilitasi dua buah kapal perintis yang selama ini menjadi andalan program Tol Laut di Maluku. Kedua kapal ini masing-masing, KM Sabuk Nusantara 107 dan KM. Sabuk Nusantara 71 yang melayari rute sejumlah daerah di Maluku.

Dari hasil pantauan yang dilakukan,  sebanyak 900 pemudik tercatat  mulai diberangkatkan dengan dua kapal tersebut. Pada KM Sabuk Nusantara 107 tercatat sebanyak 500 pemudik telah diberangkatkan menuju sejumlah daerah di Kabupaten Seram Bagian Timur seperti Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Fak-Fak-Bula-Kobi-Wahai-Waigama-Sorong.

Sedangkan KM Sabuk Nusantara 71 terdapat sebanyak 400 pemudik yang diberangkatkan menuju Kecamatan Werinama-Kelimuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual.

Manager Operasional PT. Pelni Ambon Jasman mengatakan, selain beberapa daerah yang dilayari kedua kapal perintis di atas,  pihkanya memberangkatkan KM Sabuk Nusantara 72 yang juga akan dioperasikan untuk mengangkut pemudik secara gratis dengan tujuan Kota Ambon-Ambalau Buru Selatan.

 “Kemarin sudah jalan itu (Sabuk 72) tapi hanya 49 orang saja pemudiknya,” kata.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Johanes Frans Papilaya mengatakan, program mudik gratis lebaran 2019 merupakan program Pemprov Maluku untuk membantu masyarakat yang ingin berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

 “Ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah untuk membantu warga yang ingin lebaran bersama keluarganya di kampung halaman,”tandas Papilaya.

Selain mudik gratis tujuan dengan tujuan Kabupaten Seram Bagian Timur, pihaknya juga mengadakan program mudik gratis ke sejumlah daerah lainnya di Maluku seperti tujuan Banda, Tual, Seram Bagian Barat, Kabupaten Buru dan sejumlah daerah lain.  “Ada juga ke Banda satu trip, Tual nanti tanggal 28 dan juga nanti dengan kapal ferry ke Pulau Seram (Pelabuhan Hunimua ke Pelabuhan Waipirits),” jelasnya (BB-DIAN)