Sejumlah siswa sedang mengikuti UNBK di SMK Negeri 1 Kota Masohi, Senin (25/3/19). (FOTO : BERITABETA.COM/FANDI AHMAD)
Sejumlah siswa sedang mengikuti UNBK di SMK Negeri 1 Kota Masohi, Senin (25/3/19). (FOTO : BERITABETA.COM/FANDI AHMAD)

BERITABETA.COM, Masohi –  Sebanyak 629 siswa SMK, dari 14 SMK se – Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), hari ini melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang akan dilaksakan selama empat hari.

14 SMK  ini berlokasi sejumlah kecamatan. Antaranya,  tiga SMK di Kecamatan kota Masohi , SMK Kecamatan Amahai , SMK Kecamatan Seram Utara Barat, SMK Kecamatan Timur  Kobi Seti, SMK Negeri Saparua, SMK Negeri Nusa Laut, SMK Negeri 1 Banda, SMK Tulehu,  dan SMK Leihitu.

“Jadi totalnya ada 629 siswa yang saat ini melaksanakan hal ini diungkapkan kepala UPTD Pendidikan Menengah (Dikmen) dan Layanan Khusus Malteng, La Aciu, Kepada awak media, di SMK Negeri 1 Kota Masohi, Senin (25/3/19).

La Aciu juga mengungkapkan dari 14 SMK yang mengikuti UNBK, Kecamatan Kota Masohi merupakan siswa terbanyak yang mengikuti UNBK.

Dari 14 SMK yang mengikuti UNBK, kata La Aciu,  ada tiga SMK yang bergabung dengan sekolah lain. “Ada tiga SMK yang berafiliasi dengan Sekolah Lain seperti, SMK Negeri 1 Nusa Laut Bergabung dengan SMA Nusa Laut,  SMK Negeri 1 Seti Bergabung dengan SMA Negeri 1 Seti, ” jelasnya.

Sementara persiapan pihak sekola dalam mengahadapi UNBK, sudah sangat maksimal. Pada mulanya ada yang menggunakan online dan offline, namun offline  terlalu rumit, dan ditakutkan ada kendala yang bisa menghambat pelaksanaan UNBK,  maka pihak sekolah harus berafiliasi dengan sekolah lain yang jaringannya bagus.

La Aciu juga menambahkan,  kendala dalam menghadapi UNBK sangat terkendali. “Alhamdulilla SMK  di Malteng sementara benjalan dengan baik, memang tadi SMK Negeri 1 Kecamatan Seram Utara Barat, sempat terjadi  mati lampu selama tuju menit,  namun pihak sekolah sudah mengantisipasi dengan menggunakan mesin genset,” bebernya (BB-FA)