BERITABETA.COM, Masohi – Harus mandiri dan optimis. Itulah statemen yang keluar dari mulut Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ulupaha Namasula, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Slamet Efruan, S.Pd.i.

“Selain minim fasilitas, MTs ini hanya memiliki 7 siswa yang akan mengikuti UNBK tahun 2020, tapi pihak sekolah telah memutuskan untuk menggelar UNBK secara mandiri di sekolah tersebut,”

Walaupun,  masih banyak keterbatasan dari segi fisik bangunan dan fasilitas yang dimiliki, ditambah dengan jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya 7 orang,  namun  MTs ini tetap optimis untuk melaksanakan UNBK tahun 2020 secara mandiri, tanpa harus bergabung dengan sekolah lainnya.

“Saya optimis untuk pelaksanaan UNBK di sekolah sendiri. Sebab ini yang diinginkan siswa- siwi di sekolah kami,  mereka ingin merasakan nikmat pendidikan yang sama seperti sekolah lainnya. Ini hak mereka ,” kata Efruan usai mengawasi hari kedua jalannya gladi atau simulasi UNBK, Selasa, 03/03/2020.

Ia menegaskan, sesungguhnya seluruh anak bangsa punya hak yang sama dalam pendidikan. Hal ini juga tidak terlepas dari peran orang tua serta komite sekolah yang berkeinginan MTs Ulupaha untuk mandiri.

” Di tahun sebelumnya pelaksanaan UNBK,  kami bergabung di sekolah yang ada di Kecamatan Tehoru dan mengharuskan para guru pendamping serta peserta ujian  menginap di rumah warga hingga selesainya UNBK. Inilah satu alasan tahun ini,  kita harus gelar UNBK sendiri,” ungkap Efruan.

Menurutnya, berbagai persiapan manghadapi UNBK telah dilakukan pihaknya meski dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki sekolah saat ini.

Terkait hal teknis pelaksanaan UNBK nanti, pihak sekolah telah menyediakan fasilitas berupa laptop yang dipinjam pakai dari Kota Masohi.  Sedangkan untuk server jaringan internet, pihak sekolah telah menyiapkan paket data (internet) yang akan disambungkan melalui jaringan ke setiap laptop.

“Alhamdulillah sukur, tahun ini kita tidak menumpang ujian dan keluar lagi karena sudah kami siapkan 7 unit laptop yang disewakan dari Kota Masohi termasuk 1 unit laptop untuk operator, “ tutur Efruan.

Ditambahkan, gladi simulasi UNBK yang digelar serentak pada tanggal  2 sampai 3 Maret 2020 berjalan lancar. Kendati demikian pihak sekolah akan tetap dibantu komite sekolah dengan menyediakan genset untuk mengantisipasi padamnya aliran listrik yang dipasok PLN.

Sementara, terkait jumlah siswa yang akan mengikuti ujian pada tahun Pelajaran 2019/2020 di MTs Ulupaha Namasula berjumlah 7 peserta. Kendati dengan jumlah siswa yang sedikit, MTs Ulupaha Namasula tetap memberikan pendidikan yang layak bagi setiap anak bangsa. (BB-FA)