BERITABETA.COM, Ambon – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Provinsi Maluku, M Saleh Thio, menggelar video conference dalam rangka memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 106 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tersebar di 11 kabupaten/kota di daerah itu.

“Hari ini, dari 109 SMK di Provinsi Maluku, 106 (di antaranya) melaksanakan UNBK, yang penyebarannya di 11 kabupaten/kota. Pelaksanaannya disampaikan langsung kepada Pelaksana Harian  Gubernur Maluku (Hamin Bin Tahir) melalui video conference,” kata M Saleh Thio di Ambon, Senin (25/3/19).

Sementara Tiga SMK lain yang masih menggunakan kertas pensil dalam pelaksanaan ujian masing – masing satu di Kabupaten Buru Selatan dan dua lainnya di Maluku Barat Daya.

M Saleh Thio berharap, pelaksanaan UNBK di 11 kabupaten/kota dapat berjalan dengan lancar dan aman, agar pendidikan yang berbasis IT di Maluku dapat berjalan dengan baik.

Pantauan beritabeta.com, pihak penyelenggara di sejumlah daerah melaporkan kepada M Saleh Thio dan Hamin Bin Tahir bahwa kegiatan UNBK di wilayahnya berjalan dengan aman dan lancar.

Seperti yang dilaporkan oleh penyelanggara UNBK di Kabupaten Kepulauan Aru bahwa mereka tidak mengalami kendala apapun dalam pelaksanaan ujian, lantaran jaringan telekomunikasi yang dipancarkan oleh pemancar PT Telkom terjaga dengan baik.

“Sementara listrik kami sudah pasang genset sejak beberapa hari lalu, nanti pada tanggal 01 April barulah gensetnya dilepas,” demikian laporan pihak penyelenggara UNBK dari Kabupaten Kepulauan Aru.

Sementara di Kabupaten Seram Bagian Barat, pelaksanaan ujian yang dibuka oleh Bupati setempat, Mukti Keliobas, tidak mengalami kendala apapun, baik pasokan listrik maupun kualitas jaringan PT Telkom. Hanya saja, saat melakukan Video Conference, sempat terjadi gangguan audio yang menyebabkan percakapan antara Kadis M Saleh Thio dengan penyelenggara sedikit terganggu.

Sedangkan di Kabupaten Maluku Tenggara, pelaksanaan UNBK dipusatkan di SMK Siwalima, Langgur.

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin melaporkan bahwa semua SMK di wilayahnya mulai hari ini, Senin (25/03/19), melaksanakan UNBK.

“Ada delapan SMK di Maluku Tenggara, tiga (berstatus) Negeri dan lima Swasta. Untuk UNBK kita upayakan agar pelaksanaannya lancar, aman, dan sistem tetap terjaga selama proses ujian,” kata Petrus Beruatwarin .

Di Tanimbar Selatan, pelaksanakan UNBK dipusatkan di SMK Negeri 2, diikuti oleh 130 siswa. Pihak penyelenggara berharap,ujian dapat berjalan dengan lancar dan aman, demi mewujudkan Maluku cerdas. (BB – ENY)