BERITABETA.COM, Bula – Sebuah langkah ikhtiar dilakukan Polres Seram Bagian Timur (SBT) bersama Dinas Pertanian (Distan) SBT sebagai role mode dalam mendukung ketersedian pangan di Kabupaten SBT.

Menghadapi pandemic Covid-19, jajaran Polres SBT mengusung sebuah program kebun percontohan guna membantu warga di masa pandemic Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong di Mapolres SBT dengan menanam beragam jenis tanaman hortikultura dan pangan yang hasilnya akan dibagikan kepada warga setempat.

Program ini dimulai pada, Jumat (12/6/2020) dengan  penanaman perdana yang dipimpin Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar dan Kadis Pertanian SBT Hasanudin Kelian.

Giat pananaman berlokasi di atas lahan seluas 1/2 hektar dengan melibatkan sejumlah petugas penyuluh pertanian dan anggota Polres SBT.

Kapolres SBT dalam kesempatan itu menyampaikan, program yang dimotori pihaknya dengan melibatkan Distan SBT ini bertujuan untuk mendukung  ketahanan  dan stabilitas pangan di Kabupaten SBT pada masa pandemilk Covid-19.

“Kami mengawali dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar Mapolres ini dengan menanami sejumlah jenis tanaman meliputi sayuran dan tanaman pangan seperti jagung,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan serupa juga dilaksanakan pada jajaran Polres SBT di beberapa kecamatan, dengan maksud untuk membantu masyarakat dalam masa pandemi Covid-19.

Sementara di tempat yang sama, Kadis Pertanian SBT Hasanudin Kelian mengatakan pihaknya siap mendukung penuh kegiatan yang disuport langusung oleh Polres SBT tersebut.

Program ini, kata dia merupakan sebuah langkah maju yang patut diapresiasi karena mampu memberi dampak positif di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menentu.

“Secara teknis kita tetap mendukung dengan menurunkan para tenaga penyuluh untuk mengawal proses budidaya yang baru di mulai saat ini. Harapnya hasil produksi dari kebun percontohan ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga,” tandas Kadis.

Sementara Jamaludin Fauth yang ditunjuk sebagai  koordinator penyuluh dalam program Kebun Percontohan juga mengaku bersama sejumlah rekannya sesama penyuluh akan tetap mengawal kegiatan ini sampai di masa produksi nanti.

“Tentu sebagai petugas di lapangan, penyuluh akan selalu tampil untuk memberikan yang terbaik dalam setiap program yang dijalankan. Terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini kita berharap kebun percontohan ini secepatnya dapat berproduksi untuk membantu warga,” terangnya.

Adapun beberapa jenis tanaman ynag dibudidaya pada kebun percontohan ini meliputi jagung manis, sayur- sayuran seperti kangkung cabut, bayam, terong, cabe dan juga tomat.

Selain dihadiri Kapolres SBT dan Kadis Pertanian, turut hadir pada kegiatan ini sejumlah perwira di lingkup Polres SBT dan juga Sekretaris Dinas M Sofyan Waraiya (BB-DIO)

SIMAK JUGA VIDEO DI BAWAH INI :