BERITABETA.COM, Bula — Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan bibit dan peralatan bagi petani di Desa Jembatan Basah, Kecamatan Bula Barat.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan SBT, Surahman kepada beritabeta.com di Bula, Rabu (10/7/2024).

Surahman mengungkapkan, upaya ini sekaligus untuk mendukung Penataan Akses Reforma Agraria (RA) yang dijalankan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten SBT di daerah transmigrasi itu.

"Ada bantuan yang kami serahkan untuk kegiatan dalam rangka GTRA ini terkait dengan aksesnya, arah akses reforma agrarianya. Kita dari dinas teknis mendukung kegiatan reforma agraria dari BPN itu," ungkap Surahman.

Ia membeberkan, selama program ini dijalankan oleh BPN, Distan SBT sudah membantu memenuhi kebutuhan petani dengan penyerahan jagung pulut untuk luas lahan sebesar 5 hektar, bantuan spek ubi kayu untuk luas lahan 2 hektar dan bantuan satu unit mesin potong rumput yang sumbernya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku.

"Di Jembatan Basah itu Dinas Pertanian ada bantu yang pertama jagung pulut untuk luasan 5 hektar. Kemudian ada bantuan spek ubi kayu itu untuk 2 hektar dan bantuan mesin potong rumput," bebernya.

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Distan itu menambahkan, rencananya kedepan akan diserahkan bantuan pengembangan tanaman jagung hibrida dengan luas lahan 50 hektar.

Khusus untuk jagung hibrida itu kata dia, sumber anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Satuan Kerja (Satker) di Distan Provinsi Maluku.

"Rencana kedepan lagi itu kita mau serahkan bantuan pengembangan tanaman jagung hibrida 50 hektar di Jembatan Basah. Kalau jagung 50 hektar itu dari APBN, tapi satkernya itu di Dinas Pertanian Provinsi Maluku," tambahnya.

Dia berharap kepada petani agar bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan itu untuk menanam di lahan-lahan usaha tani mereka yang sudah sertifikat itu, sehingga hasil produksi itu bisa meningkatkan kesejahteraan petani di kampung agraria itu.

"Kami berharap kepada petani bisa memaksimalkan bantuan kami ini, sehingga mareka bisa meningkatkan kesejahteraannya. Begitu juga dengan dinas pertanian, target luasan maupun produksi kita itu bisa tercapai," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi