BERITABETA.COM, Bula - Kelompok Tani Cahaya Englas, Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur melakukan panen raya Bawang Merah pada Jumat (16/04/2021). Panen raya ini turut disaksikan pihak Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten SBT. Target pun dipasang oleh Distan SBT yakni akan menjadikan Desa Englas sebagai pengahasil bawang merah di Kecamatan Bula.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan SBT, Surahman, kepada beritabeta.com di Bula, Jumat (16/04/2021).

Menurut Surahman,  bawang merah  merupakan salah satu komoditi strategis yang harus didorong. Komoditas bawang merah  sangat cocok  untuk dibudidyakan para petani di Desa Englas, namun jenis bibit juga ikut menentukan hasil produksi kedepan.

"Yang jelas Dinas Pertanian SBT merencanakan Desa Englas sebagai penghasil Bawang Merah walaupun lahan belum begitu luas. Tapi direncanakan (Desa Englas) adalah sentra untuk kecamatan Bula sebagai penghasil bawang," ungkap Surahman.

Diakuinya, Kelempok Tani Cahaya Englas sudah beberapa kali melakukan panen raya bawang merah. Namun para petani sering terkendala dengan bibit, hama babi, kebutuhan air termasuk rendahnya pengetahuan petani.

Sehingga, kata dia, kendala tersebut berdampak terhadap hasil produksi yang belum maksimal. Diharapkan, kedepan para petani Englas lebih maksimal lagi dalam memperoleh hasil.

"Kelompok Tani mengusulkan ke Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pertanian untuk bisa membantu mereka dalam pengamanan tanaman (pagar)," akuinya.

Ia menuturkan, Dinas Pertanian SBT terus berupaya melakukan pendampingan termasuk membantu menyelesaikan masalah petani bawang merah di bumi Ita Wotu Nusa tersebut. Hanya saja Distan SBT juga mengalami kendala terkait alokasi APBD yang cukup terbatas.

Padahal, tambahnya, kendala yang dialami semisal serangan hama seperti penyakit cukup merepotkan petani, akibatnya petani meminta dukungan berupa sarana produksi seperti pestisida.

Ia mengakui, Distan SBT sudah pernah membantu meskipun tidak terlalu besar, karena pembiayaan yang tidak memadai.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi penghematan, keluhan tadi masalah ketersediaan air. Pak Kepala Dinas sudah sampaikan, semoga tahun ini tidak ada perubahan, sehingga bisa dibantu satu titik sumur bor," tuturnya.

Diketahui pada 24 Desember 2020 lalu, Kelompok Swadaya Cahaya Desa Englas Kecamatan Bula telah melakukan panen perdana Bawang Merah. (BB-AZ)