BERITABETA.COM, Ambon – Masyarakat Maluku patut berbangga. Sebab, pembangunan dunia pendidikan level perguruan tinggi di wilayah provinsi seribu pulau ini, tengah mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat (Pempus).

Kepedulian itu ditunjukkan oleh Pempus melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, dengan cara menerbitkan Izin Operasional Program Studi atau Prodi Radiologi untuk beroperasi di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Maluku Husada.

Prodi Radiologi ini baru perdana atau pertama kalinya diprogramkan oleh Kemendikbudristek RI di Kawasan Timur Indonesia, tepatnya di Kampus STIKES Maluku Husada, yang berada di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku.

Perguruan Tinggi Swasta di Bidang Kesehatan yang memiliki kurang lebih 2.500 mahasiswa ini telah mengantongi Izin Operasional Prodi Radiologi yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek dalam hal ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek RI), Nadiem Makarim.

Izin Operasional itu tertuang pada Surat Keputusan Nomor 05/D/OT/2022 tanggal 16 Februari 2022, dan Surat nomor 0720/DI/KB.01.01/2022, Perihal; Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 05/D/OT/2022, yang ditandatangani Sekretaris Dr Wartanto, lengkap dengan stemple Kemendikbudristek RI.

Surat tersebut ditujukan kepada; Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek. Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Kemendikbudristek.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII. Ketua Pengurus Yayasan Maluku Husada dan Ketua STIKES Maluku Husada.

Isinya “Berkenaan dengan telah diterbitkannya keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 05/D/OT/2022 tentang Izin pembukaan Program Studi Radiologi Program Diploma Tiga (D-III) pada STIKES Maluku Husada di Kabupaten Seram Bagian Barat yang diselenggarakan oleh Yayasan Maluku Husada, dengan hormat bersama ini kami sampaikan Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tersebut untuk digunakan sebagaimana mestinya," bunyi petikan surat tersebut.

Izin Operasional Prodi Radiologi STIKES Maluku Husada tersebut telah diserahkan oleh Kemendikbudristek RI diwakili oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII, Dr. Jantje E. Lekatompessy, SE, M.Si, Ak, CA, yang diterima oleh Pembina Yayasan Maluku Husada, Hamdan Tunny S.Kep,M.Kes di Kabupaten SBB pada 02 Maret 2022.

“Betul. Kami sudah terima Izin Operasional Program Studi Radiologi pada 2 Maret 2022,” ungkap Hamdan Tunny saat dimintai konfirmasinya oleh Beritabeta.com Sabtu, (05/03/2022).

Hamdan menyampaikan terima kasih kepada Mendikbudristek RI yang telah meneribitkan ijin operasional Program Studi Radiologi kepada Kampus STIKES Maluku Husada.

“Terima kasih pak Mentdikbudristek RI yang sudah menerbitkan Izin Operasional kepada STIKES Maluku Husada. Semoga [Prodi Radiologi] ini menjadikan spirit tambahan bagi STIKES Maluku Husada untuk menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang unggul di bidang kesehatan,” ucap Hamdan Tunny.

Ia juga berharap dengan ijin operasional Prodi Radiologi, kiranya dapat menjadikan STIKES Maluku Husada sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul di bidang kesehatan, berbasis kesehatan kawasan pesisir dan kepulauan di wilayah Indonesia Timur.

“Terima kasih juga untuk masyarakat yang telah mempercayakan pendidikan anak-anaknya di STIKES Maluku Huada,” tuturnya.

Hamdan merincikan dengan tambahan Prodi baru tersebut {Radiologi], maka saat ini STIKES Maluku Husada telah mempunyai enam [6] Program Studi.

“Yaitu, Prodi Kesehatan Masyarakat, Prodi Ilmu Keperawatan, Prodi Profesi Ners, Prodi Farmasi, Prodi D3 Kebidanan, dan yang baru adalah Prodi D3 Radiologi,” bebernya.

Saat menerima Izin Operasional Prodi Radiologi STIKES Maluku Husada, Pembina Yayasan Maluku Husada, Hamdan Tuny, didampingi oleh Ketua STIKES Maluku Husada, Dr. Sahrir Sillehu, SKM, M.Kes, Koordinator Bidang Kelembagaan SI dan Kerjasama, L. E. Lusikooy, SH, dan Koordinator Sub Bidang Kelembagaan, Abdul Kadir Salam, S.Kom, M.Kom.  (BB)

 

 Editor : Redaksi