BERITABETA, Ambon – Bahaya keberadaan Narkotika di tengah masyarakat terus menjadi  sorotan. Upaya pengingat (reminder) merupakan hal penting yang harus dilakukan semua pihak.    Menyadari akan hal ini, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kota Ambon, bersama DPD KNPI Kota Ambon, akhir pekan lalu menggelar  Lomba Cerdas Cermat (LCC) terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

LCC P4GN itu  dilangsungkan selama dua hari, mulai tanggal 12 sampai 13 Oktober di aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Pattimura (Unpatti).

Ketua DPC Granat Kota Ambon sekaligus Ketua KNPI Kota Ambon Ahmad, Ilham Sipahutar kepada beritabeta.com, Senin (15/10/2018) menjelaskan, kegiatan LCC yang baru saja berakhir itu digelar untuk memperebutkan piala Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Ambon.

Tema LCC adalah “4G P4GN; Sapa Keluarga, Tetangga, Sahabat dan Kerabat” dan diikuti sebanyak 29 regu yang merupakan perwakilan dari sejumlah SMA/SMK/MA dan 9 Perguruan Tinggi se-Pulau Ambon. Masing – masing regu terdiri atas 3 Orang.

“Kami juga melibatkan  juri profesional dibidangnya masing – masing. Antaranya,  dari BNNP Maluku, Ditresnarkoba Polda Maluku, Fakultas Hukum Unpatti, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon dan DPD Granat Maluku,”jelasnya.

Kegiatan LCC dibuka Kepala Seksi Pengendalian Mutu Pendidikan Dasar pada  Disdik Kota Ambon, Mareike. N. Hukom,S.Sos, M.Si  mewakili Kadis Pendidikan Kota Ambon, Dr. Fahmi Salatalohy.

Diuraikan dari hasil LCC P4GN tahun 2018,  kategori mahasiswa juara I dimenangkan oleh    Fakultas Perikanan dan   Ilmu Kelautan Unpatti. Juara II diraih  Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Ambon. Sedangkan juara III dimenangkan Keluarga Mahasiswa Hukum IAIN Ambon. Sedangkan untuk juara Harapan I diraih STIKES Maluku Husada.

Sementara itu,  untuk kategori siswa,  berturut-turut dimenangkan oleh SMA Negeri Siwalima keluar sebagai pemenang I. Juara II diraih SMAN 5 LeihituI, juara III diraih SMAN 6 Leihitu dan juara harapan I diraih oleh SMA Xaverius Ambon.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan bagian dari role model  alternatif dari penyuluhan dan sosialisasi yang telah dilakukan selama ini.

“Terbukti, Undang-Undang P4GN dikupas habis oleh para peserta lomba. Ini menjadi kepuasan tersendiri dengan harapan, lebih banyak lagi yang terlibat, baik dari peserta maupun sponsorship agar acaranya semakin baik kedepan,” harapnya (BB/ZALI)