BERITABETA.COM, Tual  – DPD Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), bersama Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku ( AMGPM ) membagikan ratusan masker kepada warga sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Kabuapten Malra dan kota Tual.

Pembagian masker ini berlangsung di gerbang utama pusat protokoler kesehatan, Jembatan Usdek sebagai jembatan penghubung Kota Tual dan Kabupaten Malra, Provinsi Maluku, Sabtu (06/6/2020).

Ketua Granat Kabupaten Malra, Hanny Rusel usai kegiatan tersebut mengatakan,  aksi peduli sosial Granat di tengah pademi Covid-19 ini merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah virus Corona.

“Kita menggandeng AMGPM dalam kegiatan  di Nuhu Evav ini, sebagai bagian dari kepedulian sosial dan edukasi, agar masyarakat tetap mematuhi anjuran Pemerintah yaitu menggunakan masker, “ ungkapnya.

Hanny megakui, meskipun kabupaten Malra dan kota Tual telah ditetapkan sebagai daerah zona hijau Covid-19, namun kegiatan pembagian masker kepada masyarakat sangat penting dalam rangka pencegahan masuknya virus corona di Pulau Kei.

“Kami berharap pembagian masker ini dapat memperkuat protokol kesehatan oleh masyarakat, terutama di wilayah pedesaan, sehingga semua warga wajib menggunakan masker ketika bepergian kemana saja,”terangnya.

Hal senada juga dismapaikan Ketua AMGPM Cabang Gloria Daerah Kei Kecil dan Kota Tual, Erland Somnaikubun.

Ia menilai kegiatan pembagian masker yang dilakukan sangat positif, demi membangun kesadaran masyarakat terutama kaum muda untuk menggunakan masker.

“Ini awal yang baik dan menjadi momentum bagi kaum muda untuk terus mensosialisasikan penggunaan masker di tengah Covid-19 kepada masyarakat di Nuhu Evav “ tandas Somnaikubun.

Ia berharap  aksi sosial seperti harus terus berkesinambungan, agar memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

“Aksi peduli sosial Granat dan AMGPM harus terus berkesinambungan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker pada setiap actifitas kegiatan diluar rumah, “ harapnya.

Aksi peduli sosial Granat bersama AMGPM ini  berlangsung dengan aman dan lancar. Ratusan masker dibagikan kepada para sopir angkot, tukang ojek maupun para pengemudi kendaraan roda dua dan empat yang melalui jembatan penghubung Kabupaten Malra dan Kota Tual.

Penasehat Hukum Granat Malra, Meky Ihalahu, SH  yang ditemui pada aksi sosial pembagian masker kepada masyarakat mengaku kegiatan ini menunjukan kalau semua komponen masyarakat termasuk OKP sangat mendukung program Pemerintah dalam rangka pencegahan covid-19.

“Cegah virus corona hanya dilakukan lewat kepatuhan protokol kesehatan. Saya ajak masyarakat di Malra dan kota Tual mari kita gunakan masker dan jaga jarak pada setiap aktivitas kita, sehingga Covid-19 tidak mewabah di pulau Kei,“pintanya (BB-OL)