BERITABETA, Ambon –Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat)  Kota Ambon,  menggagas sebuah program yang diberinama Gerakan Rumah Bebas Narkoba (GERBAN).

Program anyar ini digagas untuk menangkal bahaya laten peredaran Narkoba yang sudah masuk ke berbagai lingkungan hidup termasuk keluarga.

Ketua DPC Granat Kota Ambon, Ahmad Ilham Sipahutar, ST,  M.Si dalam rilisnya yang diterima redaksi beritabeta.com, Sabtu (20/10/2018) mengatakan,  bandar narkoba itu tidak takut mati.  Meskipun begitu masifnya program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika serta Prekursor Narkotika (P4GN) dilakukan, namun angka pengguna Narkoba tetap tinggi.

“Yang paling mereka takuti adalah, jika suatu saat nanti apabila kesadaran masyarakat tentang bahaya laten Narkoba itu membaik, maka tidak akan ada lagi yang mau membeli Narkoba,”ungkapnya.

Untuk itu, kata Ahmad Ilham Sipahutar,  peran keluarga amatlah penting dalam menghindarkan anak dari berbagai  pengaruh negatif, yang salah satunya adalah penyalahgunaan  narkoba. Maka melalui momentum Hari Ulang Tahun Granat ke-19, pada tanggal 28 Oktober 2018, pihaknya akan meluncurkan pro

Pengurus DPC Granat Kota Ambon saat menggelar lomba cerdas cermat tentang Narkoba di Aula FISIP, Universitas Pattimura Ambon. (foto; Dok. DPC Granat Kota Ambon)

gram GERBAN.

Dengan  tagline program “4G P4GN”, sapa keluarga, tetangga, sahabat dan kerabat. Dengan hadirnya program ini, DPC Granat Kota Ambon berharap dapat mendorong partisipasi masyarakat yang lebih luas, untuk terlibat aktif dalam P4GN ini nantinya.

“Kita berharap peristiwa  ini, bisa menjadi momentum bersejarah bagi gerakan melawan narkoba, khususnya di Kota Ambon, dan Maluku secara umum,”tandasnya.

Dikatakan, jika kesadaran masyarakat sudah tinggi akan bahaya laten narkoba, maka sudah pasti bisnis peredaran narkoba, tidak lagi menjadi menarik bagi jaringan mafia pengedar Narkoba.

“Bahkan akan menimbulkan kerugian besar bagi mereka. Makanya para pengedar sangat tidak ingin upaya ini terjadi, dan terus memelihara para pemakai Narkoba dari waktu ke waktu,”urainya.

Untuk itu, dia menghimbau, agar kaum muda di Kota Ambon,  dapat menjauhi narkoba.  Dengan mulai peduli dengan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, tetangga, sahabat dan kerabat,  serta masa depan bangsa dan negara ini kedepan (BB/DIO).