BERITABETA.COM, Ambon – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku Tengah (Malteng) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke XIV. Pembukaan Musda ke XIV ini digelar  di Meeting Room Hotel Sinar, Masohi, Jumat  (28/6/2019).

Ketua Panitia, Moh Arifin Ely dalam laporannya menyampaikan bahwa Musda ke XIV DPD KNPI Malteng kali ini selain untuk memilih calon pimpinan KNPI yang baru, juga untuk menilai laporan pertanggungjawaban kinerja kepengurusan DPD KNPI Malteng.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Malteng,  Sah Alim Latuconsina, dalam sambutannya mengatakan bahwa perhelatan Musda ini sedianya digelar pada tahun 2017, namun pada tahun 2017-2018 tersebut ada agenda politik yakni Pilkada Malteng dan Pilkada Maluku, agenda organisasi ini baru bisa digelar tahun ini.

Dia berharap agar musda kali ini dapat melahirkan pemimpin pemuda yang baik yang mampu menakhodai organisasi ini sehingga lebih baik kedepan.

Ketua KNPI Provinsi Maluku yang diwakili Sekretaris KNPI Maluku, Saul Tuanger mengungkapkan, dari seluruh Musda KNPI yang digear, Musda KNPI Malteng yang paleng seksi, sebab banyak pengurus KNPI Provinsi Maluku  berasal dari Malteng,  ditambah lagi dengan banyaknya tokoh-tokoh pemuda di Maluku berasal dari Malteng.

Menurutnya, kekuatan sebuah bangsa ada pada empat elemen  parpol,  militer,  agama mayoritas, kaum pemuda.

Ketua KNPI Malteng Sah Alin Latuconsina bersama Wakil Ketua KNPI Malteng Bidang Organisasi Ghali Hatala

“Pemuda yang cerdas intelektual, cerdas emosional, cerdas spritual. Dan pemuda KNPI Malteng termasuk di dalamnya, pemuda harapan bangsa. Mari bergandengan tangan untuk  memajukan daerah ini,” pintanya.

Bupati Maluku Tengah, yang diwakili Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahrga,  F. Wattimena dalam sambutannya mengatakan,  pemuda sangat berperan dalam kemajuam bangsa, olehnya Pemkab Malteng berharap potensi positif diri pemuda hendaknya disalurkan untuk kamaslahatan masyarakat.

“Segenap pengurus KNPI Malteng harus selalu menumbuhkembangkan sifat patriotisme. Jadikan KNPI  sebagai  egaliter bukan otoriter. Sebagai  wadah OKP tunjukan idialisme pemuda guna mempekuat  civil society,  kokohkan persatuan dengan keberagaman demi kemajuan organisasi,” pinta Wattimena.

Ia menambahkan, KNPI harus menjadi icon pemuda yang baik. Keberhasilan KNPI Malteng tergantung pada pemimpin  yang terpilih dengan semangat demokrasi, intelektual demi kemajuan daerah ini.

“Selamat bermusyawarah semoga sukses,”tandasnya.

Penanggungjawab Musda KNPI Mateng, Ghali Hatala yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi memastikan, dalam arena musda dipastikan ada tiga kandidat ketua yang akan bertarung. Mereka adalah, M. Arifin Ely, Sukri dan Abdul Gani Latuconsina (BB-DIO)