BERITABETA.COM, Namrole –  Muhammad Mukaddar MA.Pd yang masih menjabat sebagai Rektor Universitas Iqra Buru, yakin akan mengantongi rekomendasi PDI-Perjuangan untuk bertarung di Pilkada Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

“Kali ini saya mendaftar lewat PDIP, karena saya yakin akan dapat rekomendasi dari PDIP,” ucap Rektor UNIQBU, Muhammad Mukaddar usai mendaftar di DPD PDI-Perjuangan Bursel, Kamis siang (11/9/2019).

Dalam penjelasan singkatnya kepada wartawan, putera asal Desa Waelikut, Kecamatan Waesama ini mengaku hanya mendaftar seorang diri sebagai bakal calon Bupati.

“Ini pendaftaran di PDI-Perjuangan cuma saya sebagai calon bupati dan ini untuk yang pertama saya maju mencalonkan diri dari PDIP,” turut Mukaddar..

“Beberapa waktu lalu ada partai yang sudah membuka pendaftaran, tapi saya belum mencalonkan diri ke partai tersebut,”imbuh Mukaddar.

Muhammad Mukaddar, MA.Pd (Magister Agama bidang Pendidikan) menyelesaikan pendidikan di MI Muhammadiyah Wailikut pada tahun 1988, kemudian MTs Muhammadiyah Wailikut pada tahun 1991, selanjutnya MA al Hilaal Namlea pada tahun 1994, pendidikan strata 1 di STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Muhammadiyah Paciran Lamongan pada tahun 2000 dengan konsentrasi Pendidikan Islam, pendidikan S2 pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2013 dengan konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam.

Saat ini Rektor Uniqbu itu, sedang merampungkan program S3 pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bertindak sebagai pengajar dan kini menjadi Rektor Uniqbu , Mukaddar juga rajin menulis buku dan yang sudah diterbitkan diantara Eko Tarbiyah; Pendidikan islam Berwawasan Ekologi (2013),  Pendidikan Islam Spiritual; Sebuah Kajian Kontekstual (2015).

Pendidikan Islam; Sebuah Bingkai Pluralitas, merupakan hasil karya yang ketiga dalam bidang Pendidikan Islam.

Pose bersama pengurus DPD PDI-Perjuangan Kabupaten Bursel, usai mendaftarkan diri

Selain menulis buku, Mukaddar juga aktif dalam pembinaar keagamaan pada masyarakat serta aktif menulis pada buletin, jurnal Universitas dan jurnal daerah kabupaten.

Ditemani tim suksesnya dan juga pendukung dan simpatisan, Mukaddar mendatangi kantor PDIP di Kota Namrole, Kabupaten Buru Selatan..

Kehadiran Rektor Uniqbu ini diterima langsung Ketua DPC PDIP, Ahmad Umasangadji  dan Ketua Tim Penjaringan, Johan Lesnussa dan kawan-kawan.

Ditemani mantan politisi PDIP, Ali Bafagi yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Ambon, Rektor UNIQBU memasukan seluruh berkas pencalonan dalam satu bendel sebagaimana disyaratkan oleh PDIP.

Setelah diteliti, berkas pencalonan Ahmad Mukaddar dinyatakan lengkap.Kemudian Ahmad Mukaddar melakukan foto bersama dengan pansel dan Pengurus DPC PDIP Bursel.

Ahmad Mukaddar tercatat sebagai bakal calon kedua yang mengembalikan berkas ke PDIP, setelah dua hari sebelumnya, istri dari petahana Bupati Bursel, Ny Safitri Maliki mengembalikan berkas.

Informasi yang diperoleh dari Ketua Pansel, Johan Lesnussa, kalau ada 10 bakal calon Bupati yang mengambil berkas dari Kantor PDIP Bursel.

Dan sudah dikonfirmasi kalau di hari Kamis ini sampai malam nanti, ada dua calon bupati lagi yang akan mengembalikan berkas atas nama A Rahman Soulisa dan Bachtiar La Galeb.

Mantan Ketua DPC PDIP Bursel yang juga masih menjadi anggota DPRD Bursel, Sami Latbual juga di hari yang sama menyampaikan berkas pencalonan sebagai bakal calon wakil bupati.(BB-DUL)