BERITABETA.COM, Ambon – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Ambon Joy Adriaansz menyebut, hingga kini hanya sisa satu desa atau negeri di wilayah Kota Ambon yang belum tercover aliran atau jaringan fiber optik.

"Desa Hatalai di Kecamatan Leitimur Selatan yang belum [tercover jaringan fiber optic,”kata Adrianz kepada waratwan di Balai Kota Ambon, Senin (25/10/2021).

Dia mengaku, proses pembangunan jaringan fiber optik di Desa Hatalai tengah diupayakan segera dilakukan oleh PT Telkom.

"Karena untuk pembangunan jaringan fiber optik di Desa Hatalai itu, ada beberapa kendala. Di mana posisi jaringan terakhir berada di Negeri Naku dan Kilang,"jealsnya.

Kondisi demikian, lanjutnya, pembangunan jaringan fiber optic di dua negeri/desa tersebut [Naku dan Kilang] menuju Hatalai, ternyata membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

"Untuk pembangunan anggarannya cukup besar. Saat ini kami hanya bisa berharap PT Telkom dapat menyelesaikan pembangunannya, sesuai dengan target yaitu pada Desember 2021,"timpalnya.

Soal ketersediaan jaringan seluler di Kota Ambon sendirinya, Joy mengklaim semuanya sudah tercover.

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh, semuanya sudah ditangani dengan baik," kata Joy Adrainz.

Dia menambahkan, dengan adanya kerusakan pada jaringan utama fiber optik di selat antara Sumatera dan Kalimantan, telah berdampak terhadap jaringan seluler di Indonesia termasuk Ambon.

“Semoga perbaikan jaringan segera selesai pada November 2021, sehingga jaringan seluler dapat kembali normal,” harapnya. (BB-RED)