Kepala Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon, Joy Adriaansz, saat memberiikan keterangan persnya di Balai Kota, Kamis (6/5/2021) (Foto : MCAmbon)
Kepala Dinas Kominfo dan Persandian kota Ambon, Joy Adriaansz, saat memberiikan keterangan persnya di Balai Kota, Kamis (6/5/2021) (Foto : MCAmbon)

BERITABETA.COM, Ambon - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Kominfo dan Persandian menjalin  kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia telah membangun jaringan fiber optik pada di sejumlah negeri (desa) di wilayah Kecamatan Leitimur Selatan.

Proyek ini digarap untuk melayani kebutuhan internet di sejumlah desa pada wilayah tersebut,  dengan membangun 100 spot wifi Tabea.id di ruang publik yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Akhir Maret 2021 sudah ada tiga negeri yang dapat dapat menggunakan jaringan internet dan melakukan pelayanan secara daring, yaitu Naku, Kilang, dan Ema, sementara negeri Hatalai masih dalam proses,“ ungkap  Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Persandian kota Ambon, Joy Adriaansz, dalam keterangan persnya, di Balai Kota, Kamis (6/5/2021).

Joy menjelaskan, pembangunan yang sama kini telah dilakukan  untuk Negeri Hatalai, dengan menyiapkan pembangunan jaringan fiber optik, dan ditargetkan akan selesai pada Desember tahun ini.

“Diharapkan akhir tahun ini semua negeri sudah tercover Internet dengan tuntas,” tambahnya.

Sementara itu, terkait pembangunan 100 spot wifi gratis Tabea.id, Kadis tetap optimis akan rampung tahun ini, walaupun masih ada kendala di lapangan.

“Saat ini dalam proses pemasangan 40 spot wifi ,untuk melengkapi 10 spot wifi Tabea.id yang telah dimafaatkan oleh masyarakat, namun masih ada hambatan pada penyiapan Optical Distribution Port (ODP) yang sedang dibenahi PT. Telkom” kata Kadis.

Selain hambatan teknis, menurutnya, titik lokasi untuk pemasangan wifi juga masih menunggu usulan atau permintaan Lurah, Kades/Raja.

“Paling tidak usulan itu sudah disertakan titik lokasi pemasangan, sehingga dapat kita lakukan survey,” ujarnya.

Kadis beharap dukungan dari semua pihak agar seluruh wilayah kota Ambon dapat menikmati jaringan internet dan wifi gratis, untuk mendukung program kerja Walikota dan Wakil Walikota Ambon yakni; Ambon Cerdas.

“Untuk itu kita berharap dukungan BAKTI  – Kementerian Kominfo RI  dan juga PT. Telkom agar  kita dapat mewujudkan Ambon yang cerdas,” tandasnya. (BB-MCA)