BERITABETA.COM, Ambon – Teka-teki siapa saja yang akan ditemptakan sebagai karateker kepala daerah di tiga kabupaten dan satu kota di Provinsi Maluku, terjawab sudah.

Tiga nama yang diusulkan Gubernur Maluku Murad Ismail disahkan menjadi kareteker, sementara 1 kabupaten lainnya diisi oleh  Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sulawesi Tengah.

Dari bocoran Surat Keputusan [SK] yang ditandatangi Mendagri Tito Karnavian yang diterima beritabeta.com pada Sabtu, (21/5/2022), menyebutkan usulan nama pejabat yang dikirim Gubernur Maluku resmi ditetapkan. Bukan ditolak seperti informasi yang beredar sebelumnya.

Dalam SK Pengangkat Karateker Bupati/Walikota  itu Terdapat empat nama yang dipastikan akan dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail, sebagai karetaker di Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Mereka adalah Bodewin Wattimena, M.Si, yang saat ini menjabat Sekretaris Dewan DPRD Maluku  dipercayakan sebagai karetaker Walikota Ambon. Kemudian DR. Jalaluddin Salampessy yang menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku ditetapkan sebagai karetaker Bupati  Kabupaten Buru, Daniel E. Indey saat ini menjabat Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Maluku dilantik sebagai karetaker Bupati KKT.

Dan Andi Chandra As’aduddin,  saat ini menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (Kabinda) Sulawesi Tengah sebagai Karetaker Bupati SBB.

Gubernur Maluku Murad Ismail dipastikan akan melantik  segera nama-nama usulan yang telah ditetapkan oleh Kemendagri di 4 wilayah yang akan berakhir masa jabatan Bupati/Walikotanya di Provinsi Maluku.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail telah memastikan tidak akan terjadi kekosongan jabatan di empat daerah tersebut.

"Saya pastikan tidak akan terjadi kekosongan pimpinan. Pelantikan penjabat bupati dan wali kota pada tanggal 22 Mei 2022," ujar Murad Ismail, Jumat (20/5/2022).

Keempat kepala daerah di Maluku yang akan berakhir masa jabatannya yakini Wali Kota/Wakil Wali Kota Richard Louhenapessy-Syarief Hadler, Bupati/Wakil Bupati Buru Ramly Umasugi-Amustafa Besan, Bupati/Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly serta Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timothius Akerina.

"Pokoknya pada hari Minggu saya akan lantik empat penjabat wali kota dan bupati sehingga tidak akan terjadi kekosongan pemerintahan," katanya.

Murad tidak ingin berpolemik seputar usulan dan penetapan empat penjabat tersebut. Namun diakuinya pengusulan nama-nama calon penjabat kepada Mendagri terlambat dari jadwal.

"Jadi, siapa pun yang ditunjuk menjadi penjabat di empat daerah tersebut merupakan putra terbaik bangsa dan mereka sudah siap untuk dilantik," ucapnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala