BERITABETA.COM, Bula — Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Costansius Kolatfeka mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) SBT untuk mempercepat realisasi APBD 2021.

"Ini berpengaruh dan menjadi tidak terwujudnya tema pembangunan daerah tahun anggaran 2021 dalam belanja APBD" kata Kolatfeka kepada media ini di Bula, Minggu (13/6/2021)

Menurutnya, tema pembangunan melalui APBD SBT pada tahun 2021 harus menjadi acuan dalam belanja APBD, terutama dalam pemulihan ekonomi akibat dari dampak pandemi Covid-19.

Ia mengaku pesimis, dalam situasi kekinian hingga memasuki semester kedua tahun anggaran 2021 ini, APBD SBT tahun 2021 belum juga direaslisasikan.

Anggota Komisi C DPRD SBT ini juga mengungkapkan, pemulihan kondisi ekonomi menjadi sorotan isu besar nasional yang diterjemahkan oleh seluruh daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Untuk itu, ia mempertanyakan posisi Kabupaten SBT dalam menangkap situasi kegelisahan masyarakat di Kabupaten penghasil minyak bumi itu.

"Perlu ada percepatan menangkap kegelisahan masyarakat, dimana hari ini Kabupaten SBT dalam mendorong percepatan kesejahteraan masyarakat bersumber dari APBD" tandasnya

Dikatakan Kolatfeka, dalam mewujudkan perputaran ekonomi di masyarakat, pihaknya mendorong upaya konektivitas antar wilayah harus menjadi konsentrasi Bupati dan Wakil Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur.

"Oleh karena itu dana-dana subsidi yang disediakan oleh belanja APBD untuk kepentingan konektivitas antar kampung, antar pulau, antar wilayah segera direalisasikan guna percepatan pertumbuhan ekonomi antar pulau" cetus Kolatfeka (BB-AZ)