BERITABETA.COM, Bula — Aparat gabungan dari Tentara Nasional Indonesia [TNI] dan Kepolisian Resor [Polres] Seram Bagian Timur [SBT] melakukan pemeriksaan kartu vaksin Covid-19 terhadap warga pada sejumlah lokasi di Kota Bula, Kamis (30/12/2021)

Pantauan beritabeta.com di jalan Protokol Kota Bula, puluhan warga yang melintasi jalur itu kedapatan tidak memiliki kartu vaksin atau yang belum melakukan vaksinasi Covid-19, sehingga mereka langsung diarahkan ke lokasi vaksinasi terdekat di Sigafua Cafe dan resto.

Sementara untuk mereka yang tidak membawa identitas berupa Kartu Tanda Penduduk [KTP] dan dokumen lainnya langsung dilayani oleh operator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil] yang sudah bersiap sejak pagi di tempat vaksinasi.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar saat ditemui di lokasi vaksinasi mengungkapkan, operasi penyekatan terhadap pelaku perjalanan yang dilakukan hari ini akan terus dilakukan di dalam Kota Bula dan sejumlah titik lainnya.

Andre mengaku, upaya yang dilakukan tersebut sesuai dengan intruksi Menteri Dalam Negeri [Mendagri] tentang pelaku perjalanan baik darat, laut dan udara harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

"Sampai dengan saat ini kita tidak ada batasan waktu dalam rangka percepatan, mengingatkan, menghimbau kepada seluruh masyarakat. Kita akan terus melakukan penyekatan," ungkap Andre Sukendar.

Dia membeberkan, operasi penyekatan ini akan dilakukan pada sejumlah tempat, diantaranya di jalan protokol Kota Bula, Perempatan KPU, Pelabuhan Sesar dan Desa Banggoi sebagai pintu masuk kabupaten SBT.

"Kita utamakan di dalam Kota Bula, dimana Bula ini salah satu sasaran vaksin yang paling banyak. Kemudian di beberapa lokasi keluar dan masuk Kabupaten SBT, baik lewat jalur laut maupun di pelabuhan," bebernya.

Sebelumnya, operasi penyekatan dan pemeriksaan kartu vaksin covid-19 ini juga dilakukan personil Polres SBT terhadap warga yang melewati jalur lintas Kecamatan Tutuk Tolu pada Selasa 28 Desember 2021 lalu.

Dalam operasi itu, ada puluhan warga yang diketahui belum melakukan vaksinasi langsung diarahkan untuk mengikuti vaksinasi covid-19 di Puskesmas Airkasar, Pustu Negeri Administratif Taruy dan Pustu Negeri Administratif Walangtengah Kecamatan Tutuk Tolu.

"Setelah dilakukan pemeriksaan dan diketahui belum melakukan vaksinasi covid-19, selanjutnya diarahkan ke Puskesmas Airkasar, Pustu Desa Taruy dan Pustu Walangtengah untuk melakukan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Tim Vaksinator Puskesmas Perawatan Airkasar," ujar Paur Humas Polres SBT Suwardin Sobo, Selasa (28/12/2021) (*)

Pewarta : Azis Zubaedi