BERITABETA.COM, Jakarta – Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan fokus untuk meningkatkan transportasi laut di Maluku melalui angkutan perintis dan Tol Laut yang menjadi tumpuan masyarakat di Maluku.

Hal ini telah dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar Menteri Perhubungan , Budi Karya dengan seluruh UPT Kementerian Perhubungan di Provinsi Maluku, Jumat (27/9/2019).

“Kita harus kita tingkatkan lagi konektivitas laut di Maluku dan sekitarnya. Pusat dan daerah harus saling mengisi, dan kerjasama agar lebih efektif,” kata Budi Karya seperti dilansir dari laman Kemenhub http://hubla.dephub.go.id, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Menhub, konektivitas Laut memang menjadi fokus utama di Maluku mengingat Provinsi Maluku lebih luas daerah lautnya dibandingkan daratan, sehingga angkutan perintis dan Tol laut menjadi tumpuan bagi masyarakat Maluku.

“Tadi kita rapat dengan pak gubernur untuk koordinasi terkait konektivitas laut. Kegiatan angkutan perintis dan tol laut paling banyak melayani di daerah Maluku. Dan saya sampaikan ke Pak Gubernur agar kita saling mengisi untuk memastikan angkutan perintis dan tol laut berjalan dengan baik disini,” jelas Menhub Budi.

Menhub menjelaskan, rencana ke depannya akan dibangun pelabuhan baru di Desa  Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kebupaten Maluku Tengah agar turis lebih banyak yang datang ke Maluku.

“Setelah kami koordinasi dengan Pelindo bahwa memang Pelabuhan Yos Sudarso saat ini sudah crowded, padahal di situ berpotensi untuk turis. Ada pemikiran dari Pemerintah Daerah akan membuat satu pelabuhan baru di Tulehu dengan melakukan reklamasi di sana, sehingga konektivitas barang dan penumpang nantinya akan dipisahkan,” jelas Menhub.

Menhub menambahkan, proposalnya sudah diterima dan akan dipelajari lebih lanjut.

“Kalau visible, kita akan setujui untuk menjadikan Maluku tidak hanya sebagai destinasi turis tetapi menjadi daerah yang menjanjikan,  terutama hasil laut yang ada di sekitar sini sehingga dapat semakin meningkatkan perekonomian. Kami mendukung langkah positif Gubernur,” tutupnya (BB-DIO)