BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 1.325 Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah selesai mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dengan lancar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Cabang SBT Dait Rumodar kepada media ini di Bula, Jumat (26/3/2021).

Pihaknya menjelaskan, pelaksanaan UAS untuk 22 SMA dan 8 SMK di SBT itu dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 15 sampai 20 Maret 2021 lalu.

Dikatakan, hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) nomor 1 yakni pelaksanaan Ujian Sekolah dilaksanakan sepenuhnya oleh satuan pendidikan masing-masing. Namun lanjut dia, pengawasanya dibawah cabang dinas.

"Alhamdulillah di SBT ini SMA maupun SMK sudah dilaksanakan sampai selesai itu berjalan lancar, aman dan tertib sesuai dengan apa yang kita harapkan" kata Rumbodar

Terkait hasil kelulusan siswa, pihaknya mengaku akan ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing. Namun demikian pihaknya mengungkapkan di tengah pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh pada proses belajar siswa.

Kendati saat ini SBT dikategorikan daerah zona hijau, namun proses belajar masih dilakukan secara daring atau online. Sehingga kata dia, hal itu berdampak pada hasil capaian siswa di daerah ini.

"Jadi misalnya di SMA Negeri 1 SBT di Bula, tidak sama dengan SMA Insan Cita Kwaos. Misalnya nilainya sama-sama Delapan, tapi kualitasnya pasti beda" tandasnya.

Pihaknya berharap semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berlalu agar proses belajar di sekolah dapat berlangsung secara maksimal seperti sediakala. (BB-AZ)