BERITABETA.COM, Ambon – Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena menaruh harapan besar kepada Putri Pariwisata Kota Ambon Kanidya  C. Tuhumury yang akan ikut di ajang Putri Pariwisata Indonesia tahun 2023 mewakili Provinsi Maluku.

Bodewin meminta Kanidya lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang bergengsi yang akan dihelat pada September 2023 mendatang.

"Kita bersyukur sebagai pemerintah, Karena lewat seleksi yang dilakukan perwakilan Kota Ambon bisa menjadi yang terbaik di ajang pemilihan Putri pariwisata provinsi Maluku 2023,” ungkapnya kepada wartawan di Lobby The Natsepa Hotel, Kamis (27/7/23).

Wattimena mengungkapkan, piuhaknya sangat berharap upaya yang sementara dijalankan Pemkot Ambon  untuk mengembangkan pariwisata di Kota Ambon, sejalan dengan kemampuan generasi muda Kota Ambon, khususnya putri-putri Kota Ambon yang bisa  mempromosikan pariwisata kota Ambon dan Maluku.

Ia juga berharap di sisa waktu ini, Kanidya bisa terus dibina, dibimbing sehingga pada waktunya dapat berprestasi di level nasional. Karena Kota Ambon bisa lebih baik dari sisi etitude, dari sisi intelijension dan lain-lain sangat sangat baik, kemampuan berbahasa Inggrisnya juga sangat baik.

"Dalam pemilihan ini, saya rasa dewan juri yang tadi menilai sangat profesional, mereka melihat dari seluruh aspek. Karena itu kami optimis bahwa Putri Pariwisata Kota Ambon yang menjadi juara 1 Putri Pariwisata Maluku akan bisa berbicara di level nasional,"pungkas Wattimena.

Menurut Pj Wali kota, konsep ini yang musti kita sampaikan kepada Kanidya Tuhumury, Kanidya harus memiliki yang pertama adalah rasa, rasa memiliki pariwisata itu yang paling penting. Karena ini bicara soal pariwisata, pariwisata yang dikembangkan dengan seekor-sektor lain. misalnya Turismen Green Investment, itu adalah memang pariwisata yang dikembangkan hari ini.

"Kita mengembangkan pariwisata dengan tidak merusak lingkungan, mengembangkan pariwisata dengan terus memanfaatkan potensi-potensi alam yang sudah tersedi. Jadi dikolaborasi konsep pariwisata, Kota Ambon pun kami sudah mengkolaborasikan dengan budaya dan musik,"ujarnya.