BERITABETA.COM, Masohi - Kepala Pemerintahan Negeri Itawaka, Wilhellem Alexander Wattimena resmi menjadi Upulatu (Patih) Amano Leilissal, setelah dikukuhkan secara adat oleh Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, pada Jumat (26/02/2021) di Baileo Negeri Itawaka, Kecamatan Saparua Timur.

Pengukuhan ditandai dengan prosesi penyerahan Patola Adat dari Tuang Karja Negeri di dalam Simaloa atau Rumah Adat kepada Kepala Soa Iha. Selanjutnya Kepala Soa Iha menyerahkan Patola Adat epada Raja Negeri Itawaka sebagai Kepala Adat untuk melaksanakan adat yang ada di dalam Negeri Itawaka.

Wilhellem Alexander Wattimena sebelumnya sudah dilantik sebagai Kepala Pemerintahan Negeri Itawaka oleh Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua pada (06/03/2020) lalu. Namun, untuk mendapatkan gelar Raja sesuai Perda No. 01 Tahun 2006 tentang Negeri, maka perlu dilakukan prosesi pengukuhan secara adat.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dalam sambutannya menyatakan, pengukuhan adat merupakan wujud nyata pelestarian tatanan adat dalam melahirkan figur seorang pemimpin di Negeri Itawaka, sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Itawaka sebagai salah satu Negeri adat di Kabupaten Maluku Tengah.

“Melalui momentum yang berharga ini, patut saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Negeri dan seluruh masyarakat Negeri Itawaka, karena kecintaan dan kepedulian masyarakat yang  dilakukan melalui tradisi pengukuhan adat Raja disaat ini sebagai suatu prosesi identitas tradisonal dalam upaya untuk melestarikan tradisi adat dan hukum adat yang berlaku di negeri ini,”ungkapnya.