BERITABETA.COM, Bula — Tiga pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) dr. M. Haulussy Ambon, Sabtu (31/8/2024).

Kepala Divisi (Kadiv) Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBT, Said Heder Boften saat dihubungi wartawan dari Kota Bula mengungkapkan, hari ini ada tiga pasangan Balon Bupati-Wabup yang melakukan pemeriksaan kesehatan, yakni Rohani Vanath-Madja Rumatiga, Abdul Malik Kastella-Arobi Kelian dan Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho).

"Mereka sudah melaksanaan pemeriksaan. Untuk sementara waktu (wawancara) ini, pemeriksaan kesehatan masih berlanjut di RSUD Haulussy," ungkap Said Heder Boften.

Heder menerangkan, sesuai jadwal pada PKPU, pemeriksaan kesehatan mulai berlangsung sejak 27 Agustus 2024-2 September 2024, sehingga pasangan yang sudah selesai melakukan pendaftaran diberi tanda terima untuk selanjutnya mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan.

"Sesuai jadwal pada PPKU itu pemeriksaan kesehatan mulai dari tanggal 27-2. Lalu pasangan yang sudah selesai melakukan pendaftaran diberi tanda terima," terangnya.

Mantan Kadiv Sumber Daya Manusia (SDM) KPU setempat ini membeberkan, untuk dua pasangan Balon Bupati-Wabup SBT lainnya yakni Agil Rumakat-Enver Abdullah R. Wattimena dan Idris Rumalutur-Hasan B. Musaad baru akan melakukan pemeriksaan pada 2 September 2024.

"Seuai jadwal, batas pada tanggal 2 September. Maka di tanggal 2 nanti di hari senin itu akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh pak Agil Rumakat dan pak Enver Wattimena dengan pak Idris Rumalutur dan pak Hasan Musaad," bebernya.

Dia menandaskan, setelah pemeriksaan ini, hasil pemeriksaan itu disampaikan kepada pasangan Balon Bupati-Wabup untuk selanjutnya disampaikan kepada KPU SBT sesuai jadwalnya.

"Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, hasil pemeriksaan kesehatan disampaikan kepada pasien dalam hal ini pasangan calon dan juga kesempulan hasil akhir disampaikan kepada KPU," tandasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi