BERITABETA.COM – Puasa di bulan Ramadhan kerap merubah pola kebiasaan setiap orang yang menjalankannya. Jika tidak menjaga stamina  Anda akan  merasa mudah mengalami gangguan kesehatan tertentu.

Bisa jadi karena salah menerapkan pola makan atau salah mengonsumsi makanan saat berbuka atau sahur di puasa Ramadhan. Untuk menghindari semua ini, wajib diketahui beberapa jenis penyakit yang kerap dialami setiap orang.

Berikut ini beberapa penyakit yang sering dialami saat puasa.

1. Sakit kepala

Sakit kepala dapat terjadi karena kurangnya pasokan gula ke dalam tubuh, sementara aktivitas masih berlangsung seperti pada hari biasa. Sakit kepala biasanya dialami oleh pengonsumsi kopi atau rokok. Untuk mengatasinya, stop konsumsi kopi dan rokok selama puasa.

2. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar sering dialami saat puasa. Penyakit ini umum terjadi saat kita puasa karena tubuh banyak menyaring makanan, kurang minum serta kurang konsumsi serat. Untuk mengatasinya cobalah saat berbuka dan sahur perbanyak makan-makanan tinggi serat misalnya biji-bijian dan buah-buahan lalu banyak minum air putih.

3. Mual dan muntah

Gejala mual dan muntah biasanya terjadi pada hari-hari pertama puasa dan akan hilang sendiri nantinya ketika puasa diteruskan. Untuk mengatasinya, selalu makan saat sahur, banyak minum air putih pada malam hari dan sahur, hindari makanan pedas dan asam serta hindari minum air es.

4. Refluks asam lambung

Refluks asam lambung biasanya dicirikan adanya sensasi terbakar di daerah dada bagian dada dan di masa Ramadhan kondisi ini salah satunya terjadi karena kebiasaan langsung tidur usai makan sahur. Pakar kesehatan menyarankan Anda memberi jeda setelah makan sahur sebelum kembali tidur, umumnya dua jam agar tak mengalami refluks asam lambung.

5. Kembung

Dokter spesialis gizi dari FKUI, Marya W. Haryno pernah mengatakan, Anda perlu menyeimbangkan komposisi makan saat berbuka dan sahur agar perut tidak kembung. Di sisi lain perut kembung juga bisa terjadi karena Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, menyantap minuman bersoda dan makanan berlemak berlebihan. Hidangan ini memicu gas berlebih dan membuat perut Anda kembung sepanjang hari.

6. Insomnia

Asupan karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan glukosa melonjak dan akibatnya siklus tidur tergganggu. Sebaiknya penuhilah asupan karbohdirat sesuai kebutuhan tubuh.

Itulah enam penyakit yang sering dialami saat puasa Ramadhan. Jika tak ingin mengalami gangguan kesehatan di atas, selalu jaga pola makan Anda. Selain itu, konsumsi makanan sehat agar tubuh tetap bugar selama puasa. (BB-DIP)