BERITABETA.COM, Ambon – Kementerian Kesehatan [Kemenkes] RI menyalurkan beasiswa afirmasi kepada 65 calon dokter yang kini mengeyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. 

Puluhan putra-putri dari Maluku itu diberi beasiswa afirmasi hingga selesai mengeyam pendidikan kedokteran dan akan ditempatkan di sejumlah kabupaten kota di Provinsi Maluku.

Kepastian ini disampaikan Ketua Tim Penyiapan Dokter dan Dokter Spesialis Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan, drg. Bushrah Tahirah, saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman atau MoU bersama Fakultas Kedokteran Universitas Pattimur, Senin (5/12/2022).

Menurut Tahirah, tujuan MoU ini agar terdapat pemerataan dan pemenuhan tenaga dokter di Provinsi Maluku. MoU ini merupakan langkah awal, dan kedepannya akan dibuka juga afirmasi untuk Mahasiswa prodi kedokteran gigi.

“Jadi Tahun ini terpilih 65 calon penerima yang akan mengikuti beasiswa afirmasi, dan setelah selesai mereka akan mengabdi di kabupaten yang ada di Maluku,” pungkas dia.

drg. Bushrah Tahirah berharap kedepan, akan semakin banyak calon afirmasi dokter dari Maluku, sehingga mereka dapat mengabdi mengisi kokosongan tenaga dokter di Puskesmas pada kapubaten yang ada di Provinsi Maluku.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha J Que menyambut baik pelaksanaan program beasiswa afirmasi, Kementerian Kesehatan yang merupakan salah satu program Pemerintah.

Program ini diperuntukan dalam pembiayaan kuliah mahasiswa kedokteran selama menempuh pendidikan kedokteran itu, semoga bermanfaat.