BERITABETA.COM, Ambon – Dua peristiwa terjadi dalam sehari ini, setelah Pulau Ambon diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak,  Selasa pagi (26/7/2022).

Hujan deras itu, membuat aliran sungai di   Dusun Air Skula, Negeri Hattu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah [Malteng], meluap hingga menutup akses jalan ke Hattu dan ke Kota Ambon.

Selain banjir yang menutup akses jalan, peristiwa tanah longsor juga terjadi di  Dusun  Samaukau, Negeri Lilibooi.

Peristiwa ini membuat material longsor dan pohon tumbang menutupi  jalan utama di kawasan itu.

Kondisi ini membuat akses dari Negeri Liliboi ke Desa Allang, Kecamatan Leihitu Barat dan sebaliknya ke arah Kota Ambon,  juga belum bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dan empat.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Moyo Utomo menjelaskan, sekira  pukul 11.30 WIT, Bhabinkamtibmas Negeri Lilibooi Bripka M.Pattiasina, melaporkan bahwa telah terjadi longsor akibat hujan deras pada Dusun Saumaku Negeri Lilibooi yang mengakibatkan arus  lalu lintas terputus.

 

Luapan air membuat akses jalan di Desa Hattu menuju Ambon terputus

“Bhabinkamtibmas telah menggerakan masyarakat setempat agar   bersama- sama melakukan pembersihan pada ruas jalan dimaksud,”kata Utomo, Selasa (26/7/2022).

Semnetara di Desa Hattu, Sekretaris Negeri Hattu, Iren Marlisa, menjelaskan sekira pukul 09.00 WIT telah terjadi luapan air, menyusul intensitas hujan yang tinggi.

Menurut Ipda Moyo Utomo, luapan air di daerah itu turun dari gunung hingga meluap sampai ke jalan utama dan mengakibatkan transportasi menuju Kecamatan Leihitu Barat  dan ke Kota Ambon, lumpuh total.

“Tindakan yang di lakukan, yakni menerima laporan dan mendatangi TKP. Melakukan Kordinasi dengan Pihak BPDP Propinsi, Sandy Lihulima selaku Kabid Darlog melalui telepon dan melaporkan situasi bencana yang sementara terjadi,”katanya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya memberikan himbauan kepada warga masyaraka yang akan melakukan perjalanan ke arah Laha dan Kota Ambon dan dari arah Leihitu Barat untuk sementara tidak melakukan perjalanan sampai air surut.

“Kita juga berkoordinasi dengan Polsek Teluk Ambon, untuk memberikan himbauan juga kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Arah Laha atau dari Kota menuju ke arah Hatu dan sekitar Kecamatan Leihitu Barat,”jelasnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala