BERITABETA.COM, Jakarta – Sorotan bagi anggota Polri belakangan ini makin ketat. Jika sebelumnya, Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan aturan yang  isinya, anggota Polri dilarang menampilkan kemewahan di lingkungan maupun di media sosial (medsos), hal lain juga disampaikan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI-P Trimedya Panjaitan.

Dalam rapat kerja (raker) Komisi III dengan Kapolri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019), politisi PDI-P ini mengusulkan agar Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan sejumlah aturan baru di kepolisian. Aturan tersebut soal seragam dimasukkan hingga polisi berperut buncit menguruskan badan.

“Pertama, saya itu tak terlalu srek, Pak, polisi ini bajunya dikeluarin. Kalau bisa, seperti dulu lagi, dimasukin bajunya. Dari zaman Mas Tito baju dikeluarin, tapi kalau saya lihat polisi lebih srek baju dimasukin lagi, lebih rapi kelihatannya, lebih dekat dengan rakyat,” kata Trimedya seperti dikutip detik.com

Kemudian Trimedya juga mengusulkan agar ada imbauan polisi tak berperut buncit. Dia meminta imbauan tak hanya dikeluarkan Polri terkait gaya hidup mewah.

“Jadi kami usulkan Pak Sigit ini ke daerah juga ngecek, bila perlu Kapolri-nya badannya seperti ini, lihat kapolda-kapolda, kapolres yang perutnya buncit itu suruh kurusin. Jangan cuma soal kemewahan,” kata Trimed.

“Kalau soal perutnya sama dengan perut saya, itu soal olahraga, supaya semua jajaran Polri bisa niru perutnya Saudara Kapolri. Tadi di ruang pimpinan, Saudara Kapolri bilang waktu ketemu Pak Prabowo, ‘Wah, perutnya seperti letnan satu,’ kata Pak Prabowo,” imbuh dia.

Mendengar usulan-usulan tersebut, Kapolri tampak tersenyum.

Menanggapi usulan anggota Komisi III DPR ini, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, menyebut anggota kepolisian idealnya memang harus memiliki tubuh ideal.

“Terkait aspek penampilan, kalau polisi terlalu tampak gendut kan tidak elok dilihatnya, jadi harus betul-betul ideal,” ujar Asep di Mabes Polri, Jln Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Menurut Asep, dalam bertugas anggota kepolisian harus memiliki fisik serta stamina yang prima. Salah satu indikasi fisik yang prima adalah berat badan.

Demi mencapai berat badan yang ideal adalah melalui olahraga dan gaya hidup yang sehat.

“Dalam sebuah tugas yang selalu siaga, harus siap sedia, dituntut fisik yang prima, salah satu indikator itu berat badan. Orang yang ingin berat badannya ideal itu tentunya harus melalui upaya-upaya yang sehat, olahraga dan sebagainya,” tutur Asep (BB-DIO-DTC)