BERITABETA.COM, Ambon – Selain menjadi momentum bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah, bulan suci Ramadhan juga dipandang penting sebagai sebuah ajang untuk menjalin hubungan silaturahim antar sesama.

Ramadhan terlebih lagi memiliki faedah yang besar dengan nilai spiritual yang terkandung. Ramadhan juga menjadi sebuah etafe untuk merefleksi semua perjalanan dan aktifitas manusia selama ini.

Dilatari pemikiran ini, Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Maluku, bertempat di Hotel Pacific,  Ambon Sabtu (1/6/2019) menggelar kegiatan buka puasa bersama (bukber) yang dirangkai dengan kegiatan dialog bertemakan  “Dengan rekonsiliasi kebangsaan, dari Maluku untuk Indonesia,”.

Kabid PPD Badko HMI Maluku Malut, Akib Sella dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Sabtu malam (1/6/2019) mangatakan, agenda bukber dan dialog ini dimaksudkan guna peningkatan partisipasi kaders HMI untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai khitah perjuangan HMI.

Menurutnya, dalam kegiatan dialog yang digelar Badko HMI menyoroti isu-isu pluralisme, toleransi dan hidup orang basudara di Maluku,  khusunya dan Indonesia umumnya.

“Kegiatan ini melibatkan unsur internal seperti ketua-ketua cabang HMI se-Maluku, dan unsur eksternal yang melibatkan pihak Pemprov Maluku (Kesbangpol Maluku) dan Polda Maluku sebagai bagian dari mitra kritis dan kontroling Badko HMI terhadap setiap kebijakan yang diputuskan oleh Pemprov Maluku,” tandas Akib Sella.

Dari kegiatan ini, kata Akib, diharapan dapat menjadi batu loncatan bagi generasi muda (pemuda/pemudi) Maluku yang cinta terhadap NKRI, untuk dapat mawas diri dan ikut mengambil bagian sebagai agen perdamaian  di tengah berbagai gejolak dan problem yang kian hari kian tak menentu saat ini.

Badko HMI Maluku – Malut  dalam  kesempatan ini juga  menghibau kepada semua pihak agar tetap menjaga silaturahmi dan kesolidan demi terciptanya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

“Kami berharap lewat kegiatan ini akan mampu menciptakan sebuah sikap cinta negeri dan tanah air untuk tetap menjaga keharmonisan, silaturahim dan toleransi guna terwujudnya masyarakat adil dan makmur,”tandas Sella.(BB-OVANS)