BERITABETA.COM, Ambon - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Pusat bersama Bawaslu Provinsi Maluku menggelar konsolidasi media dalam rangka  Penguatan Pemberitaan pada Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Provinsi Maluku.

Kegiatan ini digelar di Teluk Ambon Beach Cafe and Resto, Kota Ambon, pada Sabtu (18/5/24).

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Dr. Subair dalam sambutannya  kerjasama dengan media sangat penting dalam rangka pencegahan dan untuk menjaga integritas pemilihan umum.

Bawaslu Provinsi Maluku, kata dia berencana akan meningkatkan kerjasama dengan media baik cetak maupun online melalui kesepakatan formal. Hal ini diharapkan dapat memperkuat pemberitaan terkait pengawasan pemilihan tahun 2024.

"Saya sangat mengapresiasi kepada media atas dukungan dalam pemberitaan pengawasan pemilihan umum. Dengan adanya konsolidasi media ini, diharapkan informasi terkait tahapan pemilihan serentak dapat tersampaikan dengan lebih baik kepada masyarakat,” kata Subair.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty selaku Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat menekankan pentingnya perspektif yang tepat dalam pemberitaan, serta upaya untuk menyatukan cara pandang antara jurnalis di Jakarta dan daerah Maluku.

Konsolidasi media ini merupakan wujud dari gagasan kreativitas dalam menjawab tantangan informasi yang cepat dan beragam dalam konteks Pemilu.

"Pentingnya spirit nilai yang sama antara Bawaslu dan media dalam upaya mencegah dampak negatif dari pelanggaran undang-undang pemilu. Dalam konteks Pilkada 2024, perdamaian dan keberagaman sebagai spirit yang penting,” tandasnya.