BERITABETA.COM, Bula — Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Maluku, Mercy Chriesty Barends kembali menggelar pelatihan literasi digital di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kegiatan ini digelar bersama mitra Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan menyasar pelajar, mahasiswa dan guru yang dipusatkan di Lantai III Hotel Surya di jalan Galala, Kota Bula, Senin (09/10/2023).

Anggota Komisi VII DPR RI ini kepada wartawan mengungkapkan, kegiatan yang digelar merupakan inisiasi Komisi VII DPR-RI dengan BRIN yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan skil dari peserta.

Kegiatan ini bertujuan melatih para peserta untuk bisa mengakses, menggunakan, mengelola seluruh hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas literasi digital untuk peningkatan Sumber Daya Manusia.

"Untuk meningkatkan kapasitasnya di bidang pendidikan untuk membantu sistem belajar mengajar, untuk menolong adik-adik untuk bisa mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi dan seterusnya," ungkap Mercy Chriesty Barends.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Maluku ini menambahkan, pada sisi yang lain, kegiatan itu dimaksudkan untuk mendekatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) langsung ke pelosok-pelosok daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Provinsi Maluku.

Dengan begitu kata dia, masyarakat Maluku termasuk seluruh lapisan masyarakat tidak mengalami goncangan budaya, karena ketimpangan ilmu pengetahuan yang terlalu jauh antara wilayah barat dan wilayah timur.

"Dengan ini disosialisasikan, digalakkan. Hari ini mungkin dengan adik-adik siswa, Mahasiswa, para guru. Besok mungkin dengan perangkat desa, besok lagi mungkin dengan ibu-ibu pengelola UMKM dan seterusnya, sehingga semua orang bisa memanfaatkan kemajuan IPTEK dengan peningakatan sistem literasi digital yang baik, sistem literasi digital yang memadai dan mereka bisa terhindar dari hal-hal yang mencelakakan mereka," katanya.

Analis Anggaran Ahli Madya Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Ahmad Muntako mengajak peserta untuk meningkatkan kapasitas wawasan dan pengetahuan melalui pendayagunaan ruang digital yang bijaksana dan dengan penuh kesadaran.