BERITABETA.COM, Ambon - Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Chriesty Barends kembali melakukan kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar pelatihan pengelolaan produk perikanan berbasis Fish Jelly, di Ballroom Santika Hotel Premier Ambon.Kamis (25/1/24),

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan UMKM di Maluku khususnya Kota Ambon yang melibatkan  sebanyak  200 orang peserta dari kaum perempuan yang berasal dari organisasi masyarakat.

Mercy saat membuka kegiatan ini menjelaskan, produk Fish jelly merupakan produk olahan perikanan yang mutunya sangat ditentukan oleh kekuatan gel.  Bahan baku yang digunakan untuk pengolahan produk fish jelly dapat berupa surimi atau mince. Produk makanan berbahan fish jelly seperti otak-otak, nugget, serta bakso.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan baru dalam mengolah hasil budidaya perikanan menjadi produk unggul untuk di jadikan UMKM,” ungkapnya.

Mercy mengaku, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kota Ambon, agar semakin terampil dalam mengolah bahan dasar ikan menjadi produk-produk yang nantinya bisa dijual kembali dan menjadi nilai ekonomi bagi keluarga.

“Kita menginginkan pelatihan pengolahan ikan berbasis pada fish jelly ini agar masyarakat mendapatkan peningkatan skill pengolahan produk ikan beserta dalam rangka pengolahan ikan. Sehingga produk yang dihasilkan mempunyai nilai tambah. Karena selama ini, produk olahan ikan hanya disajikan atau dijual hanya dibakar atau digoreng saja,” beber politisi PDi-Perjuangan Maluku ini.

Ia berharap, melalui pelatihan ini bisa lebih variatif mengolah hasil ikan menjadi produk makanan, seperti nugget dan jenis makanan lainnya.

“Jadi selain memiliki keterampilan membuat produk baru, peserta juga diharapkan memiliki skill menyajikan produk ikan yang enak, bervariasi dan higienis,"kata Mercy.