BERITABETA.COM, Namlea – Memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku ke-28, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPI, MM memperkenalkan  dua program unggulan Gerakan Bupolo Magrib Mengaji (Gelora) dan Gerakan Bupolo Membaca (Gencar).

Ramly menjelaskan, kedua program itu sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Kabupaten Buru.

 “Inilah sebuah cita-cita besar pemerintah yang mengacu kepada spirit Alquran, yakni membangun masyarakat serta menjadikan Buru sebagai mercusuar ilmu pengetahuan di tanah ‘bupolo’ tercinta ini,” papar Ramly dalam sambutannya selamat datang pada pembukaan MTQ, Jumat malam (14/6/2019).

Kedua program ini, kata Ramli,  merupakan perpaduan antara Iptek dan Imtak dengan  konsep pembinaan mental spiritual dan pengembangan wawasan.

“Disadari bersama bahwa perkembangan dunia saat ini sudah memasuki kemajuan yang menuntut kita semua untuk mengambil langkah-langkah agar mampu mengejar ketertinggalan, menapaki kemajuan sampai kepada titik maksimal,” urainya.

Dalam konteks tersebut, akui Ramly, kalau Kabupaten Buru lagi terus bergeliat dalam konteks kemajuan zaman dengan melakukan program skala prioritas, termasuk program Gelora dan Gencar.

Gelora adalah implementasi kongkrit untuk menuju manusia terbaik sebagaimana ungkapan Nabi Muhamnad SAW bahwa orang yang terbaik yang belajar Alquran dan mengajarkannya.  Sedangkan Gencar merupakan implementasi konkrik pemerintah dari Perintah Allah SWT pada wahyu yang pertama yakni Iqra, bacalah.

“Kedua program ini yang saat ini menjadi batang tubuh dari beberapa program skala prioritas Kabupaten Buru,”jelas Ramly (BB-DUL)