BERITABETA.COM, Ambon - Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Tomotius Akerina, melepas peserta pawai ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)-IX Tingkat Kabupaten 2021, yang digelar di Kecamatan Amalatu, Minggu (26/9/2021).

Prosesi pelepasan pawai ta’aruf yang berlangsung di Negeri Hualoy, sekira pukul 16.00 WIT ini ditandai dengan mengangkat bendera star oleh Bupati. Ia di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Mansur Tuharea, Ketua Panitia Syaban Patty dan sejumlah pejabat lingkup Kabupaten Seram Bagian Barat.

Titik star pawai ta’aruf MTQ-IX 2021 dimulai dari depan Masjid Zainal Abidin Negeri Hualoy dan berakhir di Negeri Latu, Kecamatan Amalatu. Jaraknya sekitar 2,5 kilo meter. Warga terlihat antusias dan bondong-bondong menyaksikan pelepasan para kafilah tersebut.

Bupati dalam sambutannya berharap, melalui pelaksanaan MTQ-IX tersebut, bisa menjadi syiar yang efektif untuk mengajak masyarakat bersama-sama mewujudkan kabupaten siak agamais, relegius dan bertakwa.

Bupati juga mengaku senang atas antusias masyarakat Amalatu yang datang menyaksikan para peserta ta’aruf MTQ-IX. Diharapkan pawai ta’aruf ini semakin menambah semarak pelaksanaan rangkaian MTQ di Kecamatan Amalatu.

“Baru pernah terjadi ada MTQ Tingkat Kabupaten dengan tuan rumah tiga desa. Dengan momen MTQ ini kita berharap lebih mempererat tali persaudaraan diantara sesama masyarakat Saka Mese Nusa (julukan SBB)” harap Bupati.

Pantau Beritabeta.com, masyarakat sangat antusias dalam menyambut para peserta ta’aruf. Para kafilah disambut dan dihantar dengan hadrat Alfunaka dari Negeri Hualoy. Sejumlah aparat TNI/Polri juga ikut mengawal jalannya pawai ta’aruf ini.

Sebanyak 350 kafilah ikut dalam ta’aruf MTQ-IX. Diantaranya, Kecamatan Seram Barat sebanyak 55 kafilah, Manipa 46, Amalatu 48, Kairatu 63, Waesala 30, Taniwel 16, Huamual, dan Kairatu Barat 42 kafilah.

Sementara mata lomba yang akan diperlombakan dalam MTQ-IX yakni, seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah Al- Qur'an, dan hafalan Al-Hadits (*)

Editor : Redaksi