BERITABET.COM, Ambon – Seorang kakek bernama Yakubis Salakory, warga Desa Wassu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah yang hilang di hutan ditemukan tim SAR dan warga setempat dalam keadaan selamat, Selasa (1/1/2019).

Kakek berusia 74 tahun ini ditemukan selamat setelah sebelumnya dinyatakan hilang dua hari lalu saat mencari jamur di hutan desa tersebut.

Kepala SAR Ambon Muslimin mengatakan, korban langsung dievakuasi ke rumahnya. “Korban hilang karena tersesat saat akan pulang, tetapi akhirnya ditemukan selamat,” kata Muslimin kepada Kompas.com, Selasa (1/1/2018).

Ia mengatakan, korban ditemukan dalam keadaan selamat pada Selasa ini pukul 14.30 WIT. Dengan demikian, operasi pencarian langsung dihentikan. “Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan dikembalikan ke satuannya masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan kakek ini dilaporkan hilang oleh keluarganya setelah dua hari tidak kembali ke rumah saat mencari jamur pada 29 Desember 2018.

Menurut Muslimin, berdasarkan pengakuan keluarga, Yakobis kerap pergi mencari jamur di hutan. Pihak keluarga yang merasa khawatir akhirnya melaporkan kejadian itu setelah korban tidak juga kembali ke rumah. “Jadi sudah dua hari dua malam baru pihak keluarga melaporkan kejadian itu,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk mencari keberadaan korban. Kata  Muslimin, pencarian korban dilakukan bersama aparat Polsek Pulau Haruku dan masyarakat setempat (BB-DIO)